Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) bersama dengan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kepolisian RI (Lemdiklat Polri) memantapkan kerjasama dalam upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) para perwiranya.

Langkah kerjasama ini diinisiasi melalui pertemuan antara Kepala Lemdiklat Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto dengan Dekan FIA UI Eko Prasojo di Markas Lemdiklat Polri, Ciputat, Jakarta Selatan, Kamis (9/1/20).

Inisiasi kerjasama ini diikuti oleh semangat Polri untuk mengubah budaya, mindset, serta mental model SDM. Kompetensi dan profesionalisme Polri tidak hanya pada kompetensi teknis operasional kepolisian, melainkan pada kompetensi manajerial, seperti leadership dan change management.

Dalam kerangka tersebut, FIA UI memaparkan berbagai kerjasama yang sedang dan telah berlangsung dengan Polri, yaitu pendidikan Magister Kekhususan Administrasi dan Kebijakan SDM, serta program pelatihan Executive Development Program (EDP) untuk 120 perwira Polri dalam analisis Kebijakan, leadership, dan change management.

“Terdekat, mungkin bisa kita mulai inisiasi kerjasama melalui EDP untuk leadership, performance management, strategic management, change managemet, dan policy analysis,” jelas Eko.

Setelah pemaparan program, rencana konkret yang telah disepakati antara FIA UI dengan Polri akan ditindaklanjuti dengan langkah teknis dan taktis. “Sehingga misi bersama untuk memajukan Indonesia melalui pembangunan SDM unggul sesuai visi Indonesia maju akan bisa terwujud,” tutur Komjen Pol Arief Sulistyanto.

Untuk diketahui, program ini merupakan pelaksanaan program prioritas Kapolri pertama untuk mewujudkan SDM Polri yang unggul dan siap kerja.

Pertemuan ini dihadiri dari pihak FIA UI yaitu Sekretaris Pimpinan Zuliansya P.Z, Ketua Program Pascasarjana Irfan Ridwan Maksum, Manajer Pendidikan-Kemahasiswaan Umanto, Sekretaris Program Pascasarjana Teguh Kurniawan, Koordinator Kerjasama dan Ventura Desy Hariyati.

Leave a Comment