Credit Earning Program (CEP) Magister fia ui

Semester Gasal Tahun Akademik 2021/2022

Masa Pendaftaran: 9-16 Agustus 2021

Pelaksanaan Perkuliahan: 30 Agustus - 24 Desember 2021

Syarat pendaftaran

  1. Lulus jenjang pendidikan Sarjana (S1), di Universitas minimal terakreditasi B.
  2. Lampirkan ijazah dan transkrip nilai, dengan IPK minimal 3,00.
  3. Pas Foto berwarna ukuran 4×6.
  4. Mengisi dokumen Kesediaan Mendaftar CEP FIA UI disini
  5. Tidak berstatus sebagai mahasiswa aktif yang terdaftar pada program magister di FIA UI.

Benefit yang Diperoleh:

  1. Nilai mata kuliah dapat di-transfer-kreditkan (jangka waktu 3 tahun).
  2. Memperoleh Dokumen Transkrip Nilai yang diterbitkan resmi dari UI.
  3. Memperoleh Akun Log-in SSO Mahasiswa UI yang dapat dimanfaatkan untuk:
  • akses internet di lingkungan UI
  • akses remote lib-UI (perpustakaan)
  • akses berbagai artikel di jurnal-jurnal yang terdaftar di lib-UI.

Biaya pendidikan

2.000.000,-/Sks

Proses alur pendaftaran

Daftar mata kuliah

Mata Kuliah ini membahas perkembangan paradigma ilmu administrasi pada umumnya dan administrasi publik khususnya yang mendasari berbagai konsep, dan teori ilmu administrasi serta praktek administrasi publik. Ruang lingkup pembahasan matakuliah ini mencakup perkembangan paradigma ilmu administrasi publik, hubungan antara administrasi publik dengan politik, ekonomi, sosialbudaya dalam konsep, teori dan praktek. Selain itu dibahas pula reformasi administrasi di negara maju maupun berkembang.

Kebijakan publik merupakan hasil dari interaksi antara nilai, preferensi aktor, dan institusi, yang melibatkan sektor publik, privat, dan masyarakat sipil dalam setiap tahapan siklus/ proses kebijakan. Dalam menganalisis bagaimana interaksi tersebut membentuk kebijakan dan dampaknya terhadap masyarakat. Dengan mempelajari mata kuliah ini mahasiswa memiliki kemampuan untuk: (1) menjelaskan keunggulan dan keterbatasan masing-masing perspektif teoritik/ pendekatan dalam menganalisis interaksi antara nilai, preferensi aktor, dan institusi dalam proses kebijakan; (2) menganalisis interaksi nilai, preferensi aktor, dan institusi dalam membentuk kebijakan dan dampaknya terhadap masyarakat dengan menggunakan perspektif teoritik yang dipelajari; (3) menganalisis proses kebijakan dengan menggunakan kerangka analisis proses kebijakan yang dipelajari; dan (4) menjelaskan keunggulan dan keterbatasan teori-teori pengambilan keputusan dan menggunakannya untuk menganalisi peran, pengaruh, dan otoritas aktor-institusi dalam
pengambilan keptusan, serta menggunakan metode/model dan instrumen pengambilan keputusan.

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan prinsip-prinsip dan alat- alat untuk membantu manajer/pembuat keputusan dalam membuat keputusan organisasi/perusahaan dalam lingkungan yang dipengaruhi oleh risiko ekonomi dan ketidak pastian. Dalam merumuskan keputusan strategisnya, pembuat keputusan harus memahami dasar teori makroekonomi dan mikroekonomi serta aplikasinya. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat : (1) menjelaskan dasar teori mikro ekonomi untuk pembuatan keputusan; (2) menjelaskan peran ekonomi dalam memahami isu-isu ekonomi dalam   pasar;   (3)   menjelaskan   konteks   makro   ekonomi   dimana perusahaan/organisasi beroperasi; (4) mengkaji tantangan ekonomi yang dihadapi oleh perusahaan; dan (5) melakukan analisis industri dan ekonomi pasar.This course aims to provide principles and tools to assist managers/decision-makers in making organizational/company decisions in an environment affected by economic risk and uncertainty. In formulating strategic decisions, decision-makers must understand the basic theory of macroeconomics and microeconomics and their applications. After completing this course, students are expected to be able to: (1) explain the theoretical basis of microeconomics for decision making; (2) explain the role of the economy in understanding economic issues in the market; (3) Explaining the macroeconomic context in which the company/organization operates; (4) assessing the economic challenges faced by the company; and (5) conduct industry and market economic analysis.

Mata kuliah ini menjelaskan teori mutakhir organisasi terutama yang diaplikasikan di sektor publik. Mata kuliah ini menjelaskan perkembangan teori organisasi, pelembagaan organisasi, perilaku dan kepemimpinan organisasi, serta kasus-kasus dalam aplikasi organisasi

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan kerangka pemikiran mengenai hubungan antara kebijakan publik dan strategi perusahaan. Pemerintah dan perusahaan memiliki peran penting dalam pembangunan dan sinergitas antara keduanya diperlukan dalam rangka kesuksesan perusahaan. Dalam merumuskan strateginya, perusahaan merujuk pada kebijakan publik terkait dengan fungsi-fungsi perusahaan. Mata kuliah ini akan menggambarkan kemampuan perusahaan dalam merespon dan secara proaktif mengantisipasi tren kebijakan publik. Perusahaan dituntut untuk memiliki kemampuan beradaptasi dengan kebijakan publik dan kebutuhan pemangku kepentingan (primary dan secondary social stakeholders).

Mata kuliah ini akan membahas peran etika sebagai salah satu aspek lunak organisasi dalam mencegah dan memberantas korupsi dan bagaimana mengatasi korupsi dengan mekanisme akuntabilitas yang lain. Etika dihasilkan dari aspek perilaku manusia untuk mengembangkan tanggung jawab dan kemudian dilembagakan menjadi kode etik membentuk akuntabilitas professional.

Mata kuliah ini mengkaji perkembangan studi dan praktik kebijakan publik, dengan menekankan pada pelatihan keterampilan berpikir mahasiswa. Disamping itu, melalui mata kuliah ini, di satu sisi, mahasiswa juga belajar tentang tipe-tipe analisis dalam kebijakan publik dan proses pembuatan kebijakan publik. Di sisi lain, mahasiswa juga dibekali seperangkat kemampuan dan keterampilan dalam mata kuliah ini terkait dengan beberapa pendekatan dan sejumlah metode analisis yang digunakan dalam kebijakan publik.

Mata kuliah ini membahas berbagai pendekatan terhadap Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) dalam organisasi dan membahas dasar-dasar teori PSDM. Disamping itu, mata kuliah ini membahas berbagai topik PSDM yang mencakup aspek makro dan mikro. Aspek Makro dari PSDM meliputi tantangan, kendala dan peluang pengembangan SDM, sasaran dan kebijakan serta program pengembangan SDM di Indonesia. Aspek Mikro yang akan dibahas meliputi pelatihan, konseling dan perencanaan karier berdasarkan pendekatan ilmu-ilmu perilaku

Dasar pemikiran mata kuliah ini adalah bahwa kebijakan publik merupakan produk dari demokrasi dan sebagai hasil dari pertemuan kepentingan-kepentingan dari para aktor yang terlibat dalam penyusunannya. Tujuan utama mata kuliah ini adalah untuk mengembangkan pengetahuan peserta didik dalam memahami bagaimana demokrasi dan kelembagaan mempengaruhi kebijakan publik. Kebijakan perpajakan merupakan bagian dari kebijakan publik

Mata Kuliah perilaku intrapreneurship bertujuan untuk menciptakan seseorang dalam organisasi yang yang mampu bekerja melampaui deskripsi pekerjaan yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan dan keunggulan kompetitif organisasi. Seseorang yang memiliki perilaku yang inovatif, proaktif dan berani mengambil risiko dalam menemukan dan memanfaatkan peluang. Perilaku inovatif, dimana seseorang mampu menghasilkan ide-ide baru baik dalam hal proses, produk atau layanan. Proaktif dalam bertindak untuk menemukan dan mengambil peluang serta mengantisipasi tantangan di masa depan kebutuhan atau perubahan yang mengarah pada hal-hal yang baru. Berani mengambil risiko atas keputusan yang diambil dan dapat dipertanggungjawabkan.

Narahubung

Sri Wahyuningsih (Sdri. Yuni)

pascaadm@ui.ac.id
08567311973