PENCANANGAN FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI SEBAGAI ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BEBAS KORUPSI (WBK) DAN WILAYAH BIROKRASI BERSIH DAN MELAYANI (WBBM)

FIA UI terus berusaha mencapai sasaran Reformasi Birokrasi, yaitu birokrasi yang bersih, akuntabel, dan berkinerja tinggi; birokrasi yang efektif dan efisien; dan birokrasi yang mempunyai pelayanan publik yang berkualitas. Salah satu perwujudan tersebut FIA UI membangun Zona Integritas di Lingkungan Fakultas Ilmu Administrasi UI. Sebagai langkah awal, telah dibentuk Tim Zona Integritas FIA UI menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) melalui Keputusan Dekan Nomor 200/UN2.F16.D/OTL.00.00/2021. Tim ini bertugas untuk merencanakan, melaksanakan, dan melakukan pengawasan dalam pelaksanaan pembangunan zona integritas di lingkungan Fakultas Ilmu Administrasi melalui enam pengungkit utama, yaitu: (1) manajemen perubahan, (2) tata laksana, (3) manajemen sumber daya manusia, (4) akuntabilitas, (5) pengawasan, dan (6) pelayanan publik.

Upaya yang dilakukan oleh FIA UI berfokus pada peningkatkan kualitas pelayanan publik serta memudahkan dan mendekatkan pelayanan kepada stakeholders baik dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni, pusat administrasi universitas Indonesia, serta kementerian atau lembaga yang terkait. FIA UI berkomitmen untuk menciptakan Zona Integritas (ZI), sebuah predikat yang diberikan kepada lembaga publik, dalam hal ini FIA UI sebagai  institusi Pendidikan, yang memiliki komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Semangat menuju ZI FIA UI ini diupayakan secara optimal sehingga mampu mewujudkan visi dan misi UI serta Fakultas Ilmu Administrasi sebagai advokator dalam menyelesaikan masalah dan tantangan di tingkat nasional maupun global serta menjadi 5 besar di Asia Tenggara.

Prof. Dr. Chandra Wijaya, M.Si., M.M.
Dekan