Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) merealisasikan program kerja sama dengan Sungkyunkwan University (SKKU) Korea Selatan dengan melakukan joint conference.

Sebanyak 14 staf pengajar diberangkatkan ke Korea Selatan selama 16-21 September 2019 untuk menghadiri konferensi dan menjajaki kerja sama. Di Kampus SKKU, para staf pengajar FIA UI menjadi pembicara konferensi yang bertemakan “Strategies to Innovate Administration: Learning from Opportunities and Threats of the Fourth Scientific Industrial Revolution”. Konferensi tersebut dibagi ke dalam beberapa sesi.

Sesi pertama bertemakan “Quo Vadis, Governance Innovation?”, sesi kedua mengangkat isu “Changes in Public Employee Attitude”, sesi ketiga membahas “Cases of Governance Reform”, dan sesi keempat mendiskusikan “Innovating Fiscal Governance.” Selain mengadakan joint conference, FIA UI dan SKKU melakukan pembahasan kerja sama yang meliputi penjajakan double degree untuk program Magister, pertukaran staf pengajar, penelitian publikasi bersama, penyelenggaraan program e-learning, dan program inbound dan outbound seperti pertukaran mahasiswa.

Pada kesempatan yang sama, delegasi FIA UI juga mengunjungi Seoul National University (SNU). Pembahasan kerja sama dengan SNU difokuskan dengan Graduate School of Public Administration (GSPA) dan Business School. Materi pertemuan mencakup penjajakan kerja sama terkait dengan kurikulum double degree, pertukaran staf pengajar, penelitian dan publikasi Bersama, dan pertukaran mahasiswa.

Diharapkan, kerja sama dengan SKKU dan SNU dapat meningkatkan kualitas pengajaran, riset dan publikasi bagi staf pengajar FIA UI maupun peningkatan kesempatan mahasiswa untuk mengikuti pertukaran pelajar maupun program magister double degree.

Diketahui, SKKU telah menjadi mitra FIA UI dalam beberapa hal seperti penyelenggaraan kelas perkuliahan jarak jauh (e-learning) untuk program Magister Ilmu Administrasi sejak 2012, pertukaran pelajar (student exchange), dan program joint conference sejak 2018.

Turut hadir dalam kegiatan ini 4 Guru Besar FIA UI yaitu Eko Prasojo, Haula Rosdiana, Ferdinand H, Martani Huseini serta 9 pengajar FIA UI yaitu Vishnu Juwono, Reza Fathurrahman, Inayati, Roy Valiant Salomo, Ning Rahayu, Krisna Puji R, Pantius D.S, Zuliansyah P.Z, dan Milla Sepliana.