Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) Eko Prasojo memberikan 5 nasihat kepada mahasiswa FIA UI yang baru saja dikukuhkan sebagai pengurus organisasi kemahasiswaan periode 2020.

“Pertama, harus senantiasa melatih kemampuan leadership dan manajerial, ini yang akan membawa anda memasuki dunia kerja nantinya. Semakin banyak berinteraksi dengan organisasi lainnya semakin matang pula leadership dan manajerial. Managing others, self, task,” ujarnya pada Pengukuhan Organisasi Kemahasiswaan Periode 2020 di Gedung M FIA UI, Selasa (7/1/20).

Kedua, pria yang akrab disapa Prof Eko ini juga menyarankan agar mahasiswa terus melatih kemampuan berpikir kritis. “Jadi terus menerus mengasah, sensitif terhadap masalah yang ada di lingkungan kita. Baik di tingkat Fakultas, Universitas, hingga Nasional,” jelasnya.

Selain itu, pada poin ketiga Eko juga memaparkan bahwa sejatinya era masa kini ialah era digital, maka mahasiswa harus mampu meningkatkan literasi digital agar tidak tertinggal oleh perkembangan zaman.

Pada poin keempat, Eko mengingatkan bahwa hanya sekadar pintar saja tidak cukup, namun kemampuan softskill seperti menulis dan komunikasi perlu dikembangkan agar kita sebagai akademisi mampu membawa argumen yang kuat tanpa terbawa emosi.

“Dan yang terakhir ialah kita harus terus membangun jaringan (networking),” tukasnya.

Diketahui, pada acara Pengukuhan ini turut hadir Ketua Senat Akademik Fakultas FIA UI Ning Rahayu, Wakil Dekan bidang Pendidikan dan Mahasiswa Haula Rosdiana, Sekretaris Pimpinan Zuliansyah P.Z., Manajer Kemahasiswaan Umanto, Manajer Riset dan Publikasi Inayati, Manajer Umum Muh Azis Muslim, Ketua Departemen Fiskal Milla Sepliana, Asisten Manajer Umum Ayi Mulyadi, Asisten Manajer Kemahasiswaan Ahmad Fauzi, Koordinator Kerjasama Desy Hariyati, Koordinator Keuangan Rani Fariha, dan Sekretaris Departemen Fiskal Adang Hendrawan.

Leave a Comment