PELAKSANAAN KEGIATAN MAGANG
Program Magang di Fakultas Ilmu Administrasi merupakan program akademik yang dilakukan berkelanjutan disetiap tahun. Pada tahun 2020 untuk Semester Genap diikuti oleh 191 mahasiswa/i dari tiga Departemen dengan rincian sebagai berikut:
- Departemen Ilmu Administrasi Fiskal 65 peserta
- Departemen Ilmu Administrasi Niaga 58 peserta
- Departemen Ilmu Administrasi Negara 68 peserta
Kegiatan ini dilakukan pada masa libur akademik antara semester Genap dan Gasal berlangsung dari bulan Juni-Agustus. Namun demikian masa magang dapat diperpanjang atas permohonan mahasiswa maupun perusahaan.
Kewajiban Peserta Magang
Selama kegiatan magang, tugas peserta magang adalah:
- Mempelajari unit kerja di tempat peserta magang ditugaskan, seperti organisasi, susunan pengurus, personil, administrasi, pembukuannya, permodalannya, perencanaannya, kegiatan-kegiatannya, sistem pengawasannya, pembinaannya, permasalahan-permasalahannya dan lain-lain yang dianggap perlu. Semua data tersebut di atas harus dicatat dengan sistematis dan lengkap karena sangat diperlukan dalam pembuatan Laporan Akhir Magang.
- Semua yang dilakukan pada butir 1 (satu), dicoba, dikaji dan dianalisis dari segi administrasi dan manajemen dan pengetahuan disiplin ilmu masing-masing, sehingga dapat dituangkan dalam Laporan Akhir Magang.
- Mengikuti semua kegiatan yang berlangsung di unit kerja di mana peserta magang ditempatkan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Peserta magang harus mengisi Daftar Kehadiran Magang yang berisi ringkasan rincian kegiatan dan status kegiatan. Daftar Kehadiran Magang asli dilampirkan pada Laporan Akhir Magang, sedangkan fotokopi diserahkan kepada Sekretariat bersama-sama Laporan Mingguan.
- Bila diperlukan, peserta magang diharapkan dapat memberikan atau mengusulkan saran-saran untuk mengatasi permasalahan yang ada dalam rangka memperbaiki dan menyempurnakan organisasi dan manajemen Unit Kerja yang bersangkutan.
- Apabila terdapat hal-hal yang tidak dapat diselesaikan, maka peserta magang dapat meminta bantuan Panitia Magang Fakultas Ilmu Administrasi untuk diselesaikan lebih lanjut.
Laporan Mingguan Magang
Laporan ini merupakan gambaran kegiatan yang dilakukan Pemagang setiap minggu. Apabila Pemagang berada di lebih dari satu bagian selama satu minggu, maka laporan pada minggu tersebut harus pula mencakup seluruh bagian tersebut. Laporan ini berfungsi pula sebagai masukan untuk penyempurnaan Program Magang maupun Kurikulum Program S1 Reguler, oleh karena itu Pemagang diminta untuk mengidentifikasi keterkaitan antara kegiatan yang dilakukan selama magang dengan Mata Kuliah tertentu yang telah diterimanya. Apabila Pemagang tidak dapat menentukan Mata Kuliah yang dimaksud, Pemagang diperbolehkan membiarkan kolom “Kesesuaian dengan Mata Kuliah” kosong.
Laporan ditandatangani oleh Pemagang dan supervisor pada bagian (-bagian) tersebut disertai cap perusahaan. Penyerahan dilakukan BERSAMAAN dengan penyerahan Laporan
Akhir Magang
Laporan Mingguan ditekankan pada rincian deskripsi kegiatan kerja Pemagang, dapat ditulis secara manual maupun elektronik.
Tanda tangan Supervisor dari instansi magang dan Pemagang hanya dibubuhkan pada halaman terakhir, namun demikian paraf kedua pihak ini perlu dibubuhkan di pojok kanan bawah setiap halaman. Laporan Mingguan akan dinilai oleh Tim Pembaca Laporan Mingguan.
Daftar Instansi (Perusahaan) Magang:
No | Nama Perusahaan |
1. | Kantor Konsultan Pajak Heru, Pitra, dan Lukman |
2. | Alcon Pharmaceuticals LTD |
3. | Asuransi Astra Buana |
4. | ATT Consulting |
5. | Bank Indonesia |
6. | BEKRAF |
7. | CFO Assist Pte Ltd |
8. | CNOOC SES Ltd. |
9. | Deloitte Indonesia |
10. | DHS Tax Consulting |
11. | GCK Consulting |
12. | GMF Aero Asia Tbk |
13. | IGTax Ekuseru Indoensia |
14. | Jakarta Strategic Consulting |
15. | JD.id |
16. | KPP Pratama Indomitra Konsultan |
17. | PB Taxand |
18. | Perum LPPNPI / Air Navigation Indonesia |
19. | PT Adhi Karya (Persero) TBK |
20. | PT Adimitra Jasa Korpora |
21. | PT AKR |
22. | PT Antam TBK |
23. | PT Astra Otoparts Tbk |
24. | PT Astragraphia Xprins Indonesia |
25. | PT Asuransi Allianz Life Indonesia |
26. | PT Aventis Pharma |
27. | PT Bank BRI (Persero) Tbk |
28. | PT Bank Mayora |
29. | PT Bank Permata Tbk |
30. | PT Beirsdorf Indonesia |
31. | PT BNI Life Insurance |
32. | PT Cakrawala Langit Sejahtera |
33. | PT DHL Supply Chain Indonesia |
34. | PT Ebara Indonesia |
No | Nama Perusahaan |
35 | PT Fair Consulting Indonesia |
36 | PT Federal International Finance (FIFGROUP) |
37 | PT Global Digital Niaga (Blibli.com) |
38 | PT GMF Aeroasia Tbk |
39 | PT Gunung Bayan Pratama Coal (GPBC) |
40 | PT Hotel Bumikarsa Bidakara |
41 | PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk |
42 | PT Indo Oji Sukses Pratama |
43 | PT Isuzu Astra Motor Indonesia |
44 | PT Jasaraharja Putera |
45 | PT Mitsubishi Krama Yudha Motors and Manufacturing |
46 | PT MNC Life Assurance |
47 | PT Multi Utama Consultindo (MUC) |
48 | PT Nissan Motor Distributor Indonesia |
49 | PT Pertamina |
50 | PT Pratama Indomitra Konsultan |
51 | PT Precious Consulting |
52 | PT Prudential Life Assurance |
53 | PT RB Prima Konsultan |
54 | PT Rekadaya Elektrika |
55 | PT Rekayasa Industri |
56 | PT Saptaindra Sejati (SIS) |
57 | PT Sharp Electronic Indonesia |
58 | PT Shopee International Indonesia |
59 | PT Siemens Indonsia |
60 | PT Sinarmas Distribusi Nusantara |
61 | PT Sketsa Jingga Desain |
62 | PT Telekomunikasi Indonesia TBK |
63 | PT Telekomunikasi Selular |
64 | PT Tokopedia |
65 | PT Wijaya Karya (Persero) Tbk |
66 | PT. Bukalapak.com |
67 | Rustan Consulting |
68 | Tax Prime |
69 | Tbrights Consulting |
70 | TGS AU Partner |
71 | UPPRD Kebayoran Baru |