PELAKSANAAN KEGIATAN MAGANG

Program Magang di Fakultas Ilmu Administrasi merupakan program akademik yang dilakukan berkelanjutan disetiap tahun. Pada tahun 2020 untuk Semester Genap diikuti oleh 191 mahasiswa/i dari tiga Departemen dengan rincian sebagai berikut:

  1. Departemen Ilmu Administrasi Fiskal 65 peserta
  2. Departemen Ilmu Administrasi Niaga 58 peserta
  3. Departemen Ilmu Administrasi Negara 68 peserta

Kegiatan ini dilakukan pada masa libur akademik antara semester Genap dan Gasal berlangsung dari bulan Juni-Agustus. Namun demikian masa magang dapat diperpanjang atas permohonan mahasiswa maupun perusahaan.

Kewajiban Peserta Magang

Selama kegiatan magang, tugas peserta magang adalah:

  1. Mempelajari unit kerja di tempat peserta magang ditugaskan, seperti organisasi, susunan pengurus, personil, administrasi, pembukuannya, permodalannya, perencanaannya, kegiatan-kegiatannya, sistem pengawasannya, pembinaannya, permasalahan-permasalahannya dan lain-lain yang dianggap perlu. Semua data tersebut di atas harus dicatat dengan sistematis dan lengkap karena sangat diperlukan dalam pembuatan Laporan Akhir Magang.
  2. Semua yang dilakukan pada butir 1 (satu), dicoba, dikaji dan dianalisis dari segi administrasi dan manajemen dan pengetahuan disiplin ilmu masing-masing, sehingga dapat dituangkan dalam Laporan Akhir Magang.
  3. Mengikuti semua kegiatan yang berlangsung di unit kerja di mana peserta magang ditempatkan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Peserta magang harus mengisi Daftar Kehadiran Magang yang berisi ringkasan rincian kegiatan dan status kegiatan. Daftar Kehadiran Magang asli dilampirkan pada Laporan Akhir Magang, sedangkan fotokopi diserahkan kepada Sekretariat bersama-sama Laporan Mingguan.
  4. Bila diperlukan, peserta magang diharapkan dapat memberikan atau mengusulkan saran-saran untuk mengatasi permasalahan yang ada dalam rangka memperbaiki dan menyempurnakan organisasi dan manajemen Unit Kerja yang bersangkutan.
  5. Apabila terdapat hal-hal yang tidak dapat diselesaikan, maka peserta magang dapat meminta bantuan Panitia Magang Fakultas Ilmu Administrasi untuk diselesaikan lebih lanjut.

Laporan Mingguan Magang

Laporan ini merupakan gambaran kegiatan yang dilakukan Pemagang setiap minggu. Apabila Pemagang berada di lebih dari satu bagian selama satu minggu, maka laporan pada minggu tersebut harus pula mencakup seluruh bagian tersebut. Laporan ini berfungsi pula sebagai masukan untuk penyempurnaan Program Magang maupun Kurikulum Program S1 Reguler, oleh karena itu Pemagang diminta untuk mengidentifikasi keterkaitan antara kegiatan yang dilakukan selama magang dengan Mata Kuliah tertentu yang telah diterimanya. Apabila Pemagang tidak dapat menentukan Mata Kuliah yang dimaksud, Pemagang diperbolehkan membiarkan kolom “Kesesuaian dengan Mata Kuliah” kosong.

Laporan ditandatangani oleh Pemagang dan supervisor pada bagian (-bagian) tersebut disertai cap perusahaan. Penyerahan dilakukan BERSAMAAN dengan penyerahan Laporan

Akhir Magang

Laporan Mingguan ditekankan pada rincian deskripsi kegiatan kerja Pemagang, dapat ditulis secara manual maupun elektronik.

Tanda tangan Supervisor dari instansi magang dan Pemagang hanya dibubuhkan pada halaman terakhir, namun demikian paraf kedua pihak ini perlu dibubuhkan di pojok kanan bawah setiap halaman. Laporan Mingguan akan dinilai oleh Tim Pembaca Laporan Mingguan.

Daftar Instansi (Perusahaan) Magang:

NoNama Perusahaan
1.  Kantor Konsultan Pajak Heru, Pitra, dan Lukman
2.  Alcon Pharmaceuticals LTD
3.  Asuransi Astra Buana
4.  ATT Consulting
5.  Bank Indonesia
6.  BEKRAF
7.  CFO Assist Pte Ltd
8.  CNOOC SES Ltd.
9.  Deloitte Indonesia
10.  DHS Tax Consulting
11.  GCK Consulting
12.  GMF Aero Asia Tbk
13.  IGTax Ekuseru Indoensia
14.  Jakarta Strategic Consulting
15.  JD.id
16.  KPP Pratama Indomitra Konsultan
17.  PB Taxand
18.  Perum LPPNPI / Air Navigation Indonesia
19.  PT Adhi Karya (Persero) TBK
20.  PT Adimitra Jasa Korpora
21.  PT AKR
22.  PT Antam TBK
23.  PT Astra Otoparts Tbk
24.  PT Astragraphia Xprins Indonesia
25.  PT Asuransi Allianz Life Indonesia
26.  PT Aventis Pharma
27.  PT Bank BRI (Persero) Tbk
28.  PT Bank Mayora
29.  PT Bank Permata Tbk
30.  PT Beirsdorf Indonesia
31.  PT BNI Life Insurance
32.  PT Cakrawala Langit Sejahtera
33.  PT DHL Supply Chain Indonesia
34.  PT Ebara Indonesia
NoNama Perusahaan
35PT Fair Consulting Indonesia
36PT Federal International Finance (FIFGROUP)
37PT Global Digital Niaga (Blibli.com)
38PT GMF Aeroasia Tbk
39PT Gunung Bayan Pratama Coal (GPBC)
40PT Hotel Bumikarsa Bidakara
41PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk
42PT Indo Oji Sukses Pratama
43PT Isuzu Astra Motor Indonesia
44PT Jasaraharja Putera
45PT Mitsubishi Krama Yudha Motors and Manufacturing
46PT MNC Life Assurance
47PT Multi Utama Consultindo (MUC)
48PT Nissan Motor Distributor Indonesia
49PT Pertamina
50PT Pratama Indomitra Konsultan
51PT Precious Consulting
52PT Prudential Life Assurance
53PT RB Prima Konsultan
54PT Rekadaya Elektrika
55PT Rekayasa Industri
56PT Saptaindra Sejati (SIS)
57PT Sharp Electronic Indonesia
58PT Shopee International Indonesia
59PT Siemens Indonsia
60PT Sinarmas Distribusi Nusantara
61PT Sketsa Jingga Desain
62PT Telekomunikasi Indonesia TBK
63PT Telekomunikasi Selular
64PT Tokopedia
65PT Wijaya Karya (Persero) Tbk
66PT. Bukalapak.com
67Rustan Consulting
68Tax Prime
69Tbrights Consulting
70TGS AU Partner
71UPPRD Kebayoran Baru