Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) dengan PT. Orbitin Kebanggaan Indonesia menjalin kerjasama dalam Pengembangan Ekosistem Kewirausahaan Mahasiswa di Lingkungan FIA UI pada Kamis (03/06/21).

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatangan perjanjian kerjasama (PKS) oleh Dekan FIA UI Prof. Dr. Chandra Wijaya serta Founder & CEO PT. Orbitin Kebanggaan Indonesia Jimmy Muhammad Rifai Gani secara simbolis.

Ekosistem yang diharapkan terbentuk dari kerjasama ini adalah terciptanya lingkungan yang memiliki interaksi satu sama lain dalam pengembangan kewirausahaan mahasiswa serta memanfaatkan sumber daya secara maksimal.

“Mahasiswa memiliki ide-ide bisnis yang genuine, hanya saja FIA belum memiliki ekosistem kewirausahaan yang dapat memfasilitasi mahasiswa. Meskipun demikian, khususnya di Departemen Ilmu Administrasi Niaga, kami memiliki Mata Kuliah yaitu Kewirausahaan Stratejik. Mata kuliah tersebut setidaknya menjadi pendorong terbentuknya ekosistem kewirausahaan di FIA UI.” ujar Dekan FIA UI Prof. Dr. Chandra Wijaya.

Sementara itu, menurut CEO Orbitin, Jimmy Muhammad Rifai Gani, masa mahasiswa adalah waktu yang tepat untuk memulai usaha. “Karena mahasiswa memiliki risiko kegagalan lebih rendah. Kita mendapat lesson learned dari CEO Facebook bahwa memulai usaha bisa dilakukan sejak menjadi mahasiswa,” ujar Jimmy.

Diketahui, PT. Orbitin Kebanggaan Indonesia merupakan lembaga inkubator, akselerator, dan lokapasar (marketplace) yang menghubungkan penyedia jasa dengan konsumen yang membutuhkan peningkatan kapasitas individu dan organisasi dalam bentuk platform digital.

Kegiatan ini dihadiri oleh pimpinan dan manajemen fakultas serta para ketua lembaga kemahasiswaan di lingkungan FIA UI. Harapan lainnya, kerjasama ini tidak hanya dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa FIA UI saja, namun juga dapat berkembang melalui kolaborasi dengan dosen, tendik dan bahkan mahasiswa antar fakultas di UI.

Leave a Comment