Wabah Covid-19 yang melanda seluruh negara membuat tatanan hidup masyarakat dunia, terutama Indonesia berubah. Universitas Indonesia, dalam hal pencegahan Covid-19, menyelenggarakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) bagi seluruh Dosen dan Mahasiswa. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) terus aktif melakukan PJJ dengan mengundang berbagai Dosen Tamu dengan berbagai latar belakang kepakaran, baik dalam format kuliah tamu maupun kuliah umum.

Berbagai kuliah yang sudah dilakukan diantaranya mengenai Merit System, KASN, dan Tantangannya bersama Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Agus Pramusinto, Kepemimpinan dan Perubahan oleh Kepala BKKBN Hasto Wardoyo, Dinamika Kolaborasi Tim dalam Optimalisasi Performa Organisasi oleh Penulis Buku Budaya Kerja Kelas Dunia Indra Kesuma Nasution, dan lainnya.

FIA UI juga terus berkomitmen membekali para pengajar dengan materi pelatihan PJJ agar para pengajar dapat menyampaikan materi lebih baik lagi dan efektif. Berbagai pelatihan yang sudah diadakan diantaranya Pelatihan Pemanfaatan Microsoft Teams dan Google Meet untuk membuat Video Perkuliahan, Pengenalan Open Course untuk Memperkaya Pembelajaran Jarak Jauh, dan lainnya.

Sejauh ini, total Kuliah Umum dan Tamu serta Pelatihan yang sudah diselenggarakan sekitar 7 mata kuliah sebanyak 12 kali dalam dua pekan terakhir. Harapannya, FIA UI kedepan akan terus aktif memperdalam wawasan administrasi dalam menyelenggarakan PJJ.

Leave a Comment