Universitas Indonesia rupanya menjadi kampus impian hampir seluruh siswa MAN 1 Subang saat ini. Oleh karena itu, pihak guru dan sekolah berusaha memberikan dukungan terbaik untuk memaksimalkan kesiapan siswa-siswi MAN 1 Subang untuk masuk UI khususnya Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI), salah satunya adalah dengan melakukan kunjungan. Tujuannya adalah untuk mengenal lebih jauh mengenai FIA UI baik dari segi departemen, proses belajar, dosen, dan lainnya.

FIA UI sebagai fakultas yang mendukung pelayanan pendidikan yang inklusif memenuhi kebutuhan tersebut dengan menyambut baik kehadiran rombongan MAN 1 Subang. Dr. Umanto, S.Sos, M. Si selaku Sekretaris Fakultas menyebut FIA UI siap memberikan pelayanan prima dan terbaik bagi seluruh masyarakat.

“FIA UI brkomitmen memberikan pelayanan pendidikan yang terbuka dan inklusif sehingga semua lapisan dan latar belakang masyarakat dapat memperoleh pendidikan yang berkualitas dan tentunya bermanfaat bagi kemajuan bangsa. Kami juga menyelenggarakan program untuk mewujudkan pendidikan inklusif tersebut melalui program Pre-University FIA UI,” kata Dr. Umanto.

Program Pre-University FIA UI merupakan program bagi siswa/i atau Lulusan SMA/Sederajat yang ingin mengikuti perkuliahan di FIA UI secara online (daring) memiliki kurikulum yang sama dengan Program Sarjana FIA UI. Nantinya, jika peserta mendapatkan minimal nilai B dalam Mata Kuliah yang diambil, peserta akan memperoleh tabungan SKS dan dapat ditransfer saat melanjutkan studi program Sarjana di FIA UI. Sehingga masa studi menjadi lebih cepat.

“Kunjungan ini menjadi salah satu langkah untuk mengetahui mengenai FIA UI secara lebih detail. Oleh karena itu, kami berharap kunjungan ini meningkatkan motivasi anak-anak murid kami untuk semakin mengasah dirinya untuk siap untuk bersaing dengan ribuan murid lainnya untuk masuk ke FIA UI,” ungkap Sunarto, S.Pd selaku Guru BK MAN 1 Subang.

Sebagai informasi, berdasarkan publikasi terkini QS World University Ranking 2022 by Subject Social Policy and Administration Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) merupakan salah satu dari 100 kampus terbaik dunia yang menawarkan studi di Bidang Ilmu Administrasi. Lebih lanjut, Ilmu Administrasi sendiri mempelajari 5 pilar keilmuan, yaitu Kebijakan, Tata Kelola, Inovasi, Institusi, dan Budaya. Kelima pilar tersebut saling berkaitan dan Ilmu Administrasi mempelajari antar-kaitan tersebut.

Sebagai informasi, kunjungan berlangsung pada Rabu, 15 Februari 2023 pagi di Gedung M FIA UI dengan jumlah peserta 60 orang. Para siswa didampingi oleh guru MAN 1 Subang di antaranya adalah Yeni Nurjanah, S. Pd., Tuti Trisnawati, S. Pd., dan Syahla Diana Putri, S. Sos.

Leave a Comment