Perkembangan dunia yang semakin pesat menjadikan seluruh aktivitas manusia tidak dapat terlepas dari teknologi. Hal tersebut menimbulkan munculnya berbagai platform maupun aplikasi yang dapat mempermudah manusia terutama mahasiswa.

Mendeley merupakan platform yang dapat mempermudah serta membantu setiap mahasiswa dalam mencantumkan daftar pustaka dalam literatur mereka. Mendeley bertujuan untuk mengintegrasikan “citation & reference manager” ke dalam jejaring sosial. Dengan bantuan aplikasi Mendeley, mahasiswa tidak akan lagi kesulitan dalam membuat sitasi dalam karya mereka.

Workshop Penggunaan Aplikasi Mendeley untuk Penulisan Karya Ilmiah pun dilaksanakan dalam dua hari, yaitu pada 17 dan 18 September 2021, dengan tujuan untuk memberikan informasi dan pengetahuan lebih luas mengenai aplikasi Mendeley terutama untuk mahasiswa/i Ilmu Administrasi Fiskal angkatan 2018 dan 2019.

Workshop ini tentunya diselenggarakan secara online melalui platform Zoom Meeting. Materi disajikan oleh dua orang berbeda, yaitu I Dewa Nyoman Suartama Putra dan Mutya Nurmala Raya yang merupakan alumni Ilmu Administrasi Fiskal angkatan 2017.

Keduanya menjelaskan hal-hal terkait Mendeley secara rinci, dimulai dari cara memasukan referensi ke Mendeley, membuat sitasi, hingga cara menyambungkan Mendeley dengan Microsoft Word.

“Ini adalah salah satu upaya KOSTAF dan departemen untuk selalu mendorong skill mahasiswa untuk menjadi lebih baik serta memberikan knowledge yang bermanfaat untuk membekali mahasiswa ketika sudah terjun ke masyarakat sebagai alumni maupun bekerja,” menjadi kalimat pembuka yang disampaikan oleh Dr. Inayati, M.Si selaku Ketua Departemen Ilmu Administrasi Fiskal, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Indonesia.

Dewa maupun Mutya tidak hanya membagikan ilmunya mengenai aplikasi Mendeley, namun juga memberikan berbagai informasi mengenai cara mengakses jurnal penelitian, mengetahui kualitas suatu jurnal, serta mencari referensi atau literatur setelah penelitian.

Aplikasi Mendeley tidak hanya bermanfaat untuk mahasiswa tingkat atas, namun juga dapat dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh mahasiswa untuk mengerjakan tugas dan lain sebagainya.

“Mendeley dapat digunakan agar kita tidak perlu bingung memikirkan daftar pustaka karena Mendeley merupakan salah satu aplikasi reference manager dan pembuat sitasi secara otomatis,” ujar Mutya sebagai pembicara di hari kedua.

Leave a Comment