Sejarah
Sebelum menjadi Fakultas Ilmu Administrasi, pengelolaan Ilmu Administrasi merupakan salah satu Jurusan dari Bagian Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan Fakultas Hukum dan Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan Universitas Indonesia (FH-IPK UI) pada tahun 1 September 1962. Pada awal pembentukan Jurusan Ilmu Administrasi hanya terdiri dari dua program studi, yaitu Program Studi Ilmu Administrasi Negara dan Program Studi Ilmu Administrasi Niaga. Kemudian, mulai 1 Februari 1968 berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Perguruan Tinggi No. 42 tahun 1968, Jurusan Ilmu Administrasi menjadi bagian dari fakultas sendiri bernama Fakultas Ilmu Kemasyarakatan UI (FIPK UI). Selanjutnya, FIPK UI melakukan perubahan nama nomenklatur menjadi Fakultas Ilmu‐Ilmu Sosial Universitas Indonesia (FIS UI) melalui Surat Keputusan Rektor Universitas Indonesia No.002/SK/R/BR/72 dan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 31/C/1972. Pada 1982, FIS UI berubah nama menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 44 Tahun 1982.
Seiring dengan meningkatnya kebutuhan di sektor perpajakan, maka pada tahun akademik 1981/1982 didirikan Program Studi Ilmu Administrasi Pajak dengan nama Program Studi Ilmu Administrasi Fiskal. Sejak 2003, istilah “Jurusan” di FISIP UI diubah menjadi “Departemen”, yang berdampak pada perubahan nama “Jurusan” Ilmu Administrasi menjadi Departemen Ilmu Administrasi FISIP UI. Departemen Ilmu Administrasi FISIP UI terdiri atas empat Program Pendidikan: 1) Program Diploma (Program DIII Administrasi Perkantoran dan Sekretari, Program Diploma III Administrasi Asuransi dan Aktuaria, Program Diploma III Administrasi Keuangan dan Perbankan, Program Diploma III Administrasi Perpajakan; 2) Program Sarjana Reguler (Program Sarjana Administrasi Negara, Program Sarjana Administrasi Niaga, Program Sarjana Administrasi Fiskal); 3) Program Sarjana Ekstensi (Program Sarjana Administrasi Negara, Program Sarjana Administrasi Niaga, Program Sarjana Administrasi Fiskal); dan 4) Program Pascasarjana (Magister & Doktor). Kemudian, sejak tahun 2008, seluruh program D3 FISIP UI dialihkan oleh Program Vokasi Universitas Indonesia, dan pada tahun 2016 dilakukan penutupan Program Sarjana Ekstensi (Program Sarjana Administrasi Negara, Program Sarjana Administrasi Niaga, Program Sarjana Administrasi Fiskal).
Berikut perkembangan pengelolaan Program Sarjana Ilmu Administrasi Negara hingga menjadi Departemen Ilmu Administrasi FIA UI:
- Pada tahun 1962 – 1968, Jurusan Ilmu Administrasi Bagian dari Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan, Fakultas Hukum dan Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan Universitas Indonesia;
- Pada tahun 1968 – 1972, Jurusan Ilmu Administrasi Bagian dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan Universitas Indonesia;
- Pada tahun 1972 – 1982, Jurusan Ilmu Administrasi Bagian Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial Universitas Indonesia;
- Pada tahun 1982 – 2003, Jurusan Ilmu Administrasi Bagian Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia;
- Pada tahun 2003 – 2015, Departemen Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia;
- Pada tahun 2015 – hingga sekarang dengan terbentuknya Fakultas Ilmu Administrasi UI berdasarkan SK Rektor No. 0630/SK/E/UI/2015 maka pengelolaan Program Sarjana Ilmu Administrasi Negara diemban oleh Departemen Ilmu Administrasi Negara FIA UI.
Profil
Mahasiswa dalam program studi ini dipersiapkan untuk menjadi profesional di sektor publik, mampu memahami isu dan perkembangan dalam tata kelola, serta menganalisis berbagai kebijakan di tingkat nasional, regional, dan global.
Visi
Menjadi pusat pengembangan pendidikan sarjana terkemuka di bidang administrasi publik, kebijakan publik, dan tata kelola strategis di Asia Tenggara, berdasarkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan sarjana yang kompetitif dan bereputasi di bidang administrasi publik, kebijakan publik, dan tata kelola strategis.
- Melaksanakan penelitian di bidang administrasi publik, kebijakan publik, dan tata kelola strategis untuk kemajuan disiplin ilmu dan kemajuan bangsa.
- Melakukan pengabdian kepada masyarakat di bidang administrasi publik, kebijakan publik, dan tata kelola strategis untuk berkontribusi pada pembangunan nasional.
Program Studi
Ilmu Administrasi Negara (S1)
Ilmu Administrasi Negara(RPL)
Magister Kebijakan Publik dan Governansi (S2)
Kurikulum
No | Kelompok/Jenis Mata Kuliah | SKS | Persentase |
1 | Mata Kuliah Wajib Universitas | 10 | 7% |
2 | Mata Kuliah Wajib Fakultas | 14 | 10% |
3 | Mata Kuliah Wajib Program Studi | 84* | 58% |
4 | Mata Kuliah Pilihan | 36* | 25% |
Jumlah total SKS hingga kelulusan | 144 | 100% |
Catatan:
*) Jumlah SKS Mata Kuliah Wajib menjadi 82 SKS apabila mahasiswa memilih tugas akhir dengan jalur Tugas Karya Akhir (ADPU601025).
*) Jumlah SKS Mata Kuliah Pilihan menjadi 38 SKS apabila mahasiswa memilih tugas akhir dengan jalur Tugas Karya Akhir (ADPU601025).
Bagi mahasiswa Angkatan 2020, 2021, 2022, dan 2023 menggunakan Kurikulum 2020 yang dapat diakses melalui tautan berikut: https://s.id/Curriculum2020UPPA.
Semester 1 | Semester 2 | ||||
Kode | Mata Kuliah | SKS | Kode | Mata Kuliah | SKS |
UIGE600003 | MPK Bahasa Inggris | 2 | UIGE600001 | MPK Terintegrasi A | 6 |
UIGE600004 | MPK Agama | 2 |
| Etika Administrasi | 2 |
ADAD600001 | Dasar-dasar Ilmu Administrasi | 3 | ADPU601005 | Pengantar Manajemen untuk Sektor Publik | 3 |
| Kebijakan dan Tata Kelola | 3 | ADPU601004 | Politik dan Masyarakat | 3 |
ADPU601001 | Pengantar Ilmu Administrasi Publik | 3 | ADPU601007 | Statistik Lanjutan | 3 |
ADPU601002 | Pengantar Statistik | 3 | ADPU601008 | Sistem Administrasi Indonesia | 3 |
ADPU601003 | Pengantar Hukum dan Sistem Hukum Indonesia | 3 |
|
|
|
Jumlah | 19 | Jumlah | 20 |
Semester 3 | Semester 4 | ||||
Kode | Mata Kuliah | SKS | Kode | Mata Kuliah | SKS |
ADAD600002 | Teori Organisasi | 3 | ADAD600005 | Pengantar Metode Penelitian Administrasi | 3 |
ADPU601006 | Negara dan Pasar | 3 | ADPU601014 | Desentralisasi dan Otonomi Daerah | 3 |
ADPU601009 | Keuangan Negara | 3 | ADPU601015 | Hukum dan Administrasi Negara | 3 |
ADPU601010 | Kepemimpinan dalam Sektor Publik | 3 | ADPU601016 | Analisis Kebijakan Publik | 3 |
ADPU601011 | Birokrasi dan Governansi Publik | 3 | ADPU601017 | Pelayanan Publik | 3 |
ADPU601012 | Perilaku Administrasi | 3 | ADPU601018 | Reformasi Administrasi | 3 |
ADPU601013 | Pengantar Kebijakan Publik | 3 | ADPU601019 | Manajemen Sumber Daya Sektor Publik | 3 |
Jumlah | 21 | Jumlah | 21 |
Semester 5 | Semester 6 | ||||
Kode | Mata Kuliah | SKS | Kode | Mata Kuliah | SKS |
ADPU601027 | Praktik dan Aplikasi Penelitian Administrasi | 3 |
| Mata Kuliah Pilihan Prodi* | 20 |
ADPU601020 | Evaluasi Kebijakan dan Program | 3 |
| BKP MBKM** | 20 |
ADPU601021 | Pembangunan Regional | 3 |
|
|
|
ADPU601022 | Governansi Digital | 3 |
|
|
|
ADPU601023 | Advokasi Kebijakan | 3 |
|
|
|
ADPU601028 | Perbandingan Administrasi Negara | 3 |
|
|
|
ADPU601029 | Pengembangan Organisasi | 3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah | 21 | Jumlah | 20 |
Semester 7 | Semester 8 | ||||
Kode | Mata Kuliah | SKS | Kode | Mata Kuliah | SKS |
| Mata Kuliah Pilihan Prodi* | 18 | ADPU601024 | Skripsi*** | 6 |
|
|
| ADPU601025 | Tugas Karya Akhir (TKA)*** | 4 |
|
|
| ADPU601026 | Tugas Akhir Lain *** | 6 |
|
|
|
|
|
|
Jumlah SKS Semester 7 | 18 | Jumlah SKS Semester 8 | 6/4/6 |
Catatan:
*) Mata Kuliah Pilihan Prodi dapat diambil oleh mahasiswa yang berasal dari dalam atau luar Prodi asal;
**) Mata Kuliah Pilihan dapat digantikan dengan Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan bobot maksimal 20 SKS di setiap semester;
***) Tugas Akhir dalam rangka penyelesaian studi dapat memilih salah satu dari 3 (tiga) alternatif berikut:
- Skripsi dengan bobot 6 SKS;
- Tugas Akhir Lain dengan bobot 6 SKS; atau
- Tugas Karya Akhir (TKA) dengan bobot 4 SKS yang diambil dengan menambah MK Pilihan hingga total SKS mencapai minimal 144 SKS.
Mahasiswa dapat memilih mata kuliah pilihan seperti:
No. | Kode | Mata Kuliah | SKS |
1. | ADPU602001 | Inovasi dan Kewirausahaan | 3 |
2. | ADPU602002 | Anti Korupsi dan Governansi | 3 |
3. | ADPU602003 | Hubungan Keuangan Pusat dan Daerah | 3 |
4. | ADPU602004 | Teknik Penulisan dan Presentasi | 3 |
5. | ADPU602005 | Ekonomi untuk Administrasi Publik | 3 |
6. | ADPU602006 | Akuntansi Pemerintahan | 3 |
7. | ADPU602007 | Administrasi Lingkungan dan Kebencanaan | 3 |
8. | ADPU602008 | Manajemen Pengadaan Barang dan Jasa | 3 |
9. | ADPU602009 | Perencanaan Strategis dalam Sektor Publik | 3 |
10. | ADPU602010 | Hubungan Industrial | 3 |
11. | ADPU602012 | Manajemen Perubahan dalam Sektor Publik | 3 |
12. | ADPU602013 | Pendapatan Asli Daerah | 3 |
13. | ADPU602014 | Magang | 3 |
14. | ADPU602015 | Non-Western Public Administration | 3 |
15. | ADPU602016 | Kebijakan Publik Berbasis Bukti | 3 |
16. | ADPU602017 | Kebijakan dan Governansi Kawasan Perkotaan | 3 |
17. | ADPU602018 | Alokasi Keuangan Pusat-Daerah | 3 |
18. | ADPU602019 | Kapita Selekta Collaborative Governance | 3 |
19. | ADPU602020 | Perangkat Governansi | 3 |
Jumlah | 57 |
SEMESTER 1 | SEMESTER 2 | ||||
KODE CODE | MATA KULIAH COURSES | SKS PTS | KODE/ CODE | MATA KULIAH COURSES | SKS PTS |
MKPG800001 | Pendekatan dan Teori dalam Kebijakan Publik (Public Policy Approaches and Theories) | 3 | MKPG800006 | Metodologi Penelitian Kebijakan (Policy Research Methods) | 4 |
MKPG800002 | Teori Governansi dan Institusi (Theories of Governance and Institutions) | 3 | MKPG800007 | Reformasi Governansi Publik (Public Governance Reform) | 3 |
MKPG800003 | Proses dan Analisis Kebijakan Publik (Public Policy Processes and Analysis) | 3 | MKPG800008 | Kebijakan dan Governansi Perkotaan (Urban Policy and Governance) | 3 |
MKPG800004 | Politik dan Advokasi Kebijakan Publik (Politics and Advocacy of Public Policy) | 3 | MKPG800009 | Pembangunan dan Transfer Kebijakan (Development and Policy Transfer) | 3 |
MKPG800005 | Desain, Implementasi, dan Evaluasi Kebijakan (Policy Design, Implementation, and Evaluation) | 3 | MKPG800010 | Kapita Selekta Studi Kebijakan (Selected Topics in Policy Studies) | 4 |
Jumlah SKS Semester 1 | 15 | Jumlah SKS Semester 2 | 17 |
SEMESTER 3 | SEMESTER 4 | ||||
KODE CODE | MATA KULIAH COURSES | SKS PTS | KODE/ CODE | MATA KULIAH COURSES | SKS PTS |
MKPG800011 | Inisiatif Strategis (Strategic Initiatives) | 4 | MKPG801001 | Publikasi (Publication) | 2 |
|
|
| MKPG801002 | Tinjauan Literatur Tesis (Literature Review for Thesis)* | 2 |
|
|
| MKPG801003 | Proposal Tugas Akhir (Final Assignment Proposal)*/** | 6 |
|
|
| MKPG801004 | Ujian Akhir Tesis (Thesis Defense)* | 8 |
|
|
| MKPG801005 | Ujian Akhir Capstone Project/ Studi Kasus (Capstone Project/Case Study Defense)** | 10 |
Jumlah SKS Semester 3 | 4 | Jumlah SKS Semester 4 | 18 |
Profil Lulusan
No | Profil Lulusan | Deskripsi |
1 | Aparatur Sipil Negara (ASN) | Lulusan Program Studi Ilmu Administrasi Negara yang menjadi Pegawai Negeri Sipil memiliki kompetensi dalam tata kelola pemerintahan, kebijakan publik, dan manajemen birokrasi. Mereka berperan dalam perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi kebijakan untuk meningkatkan efektivitas pelayanan publik. Dengan pemahaman mendalam terhadap regulasi dan administrasi publik, mereka mampu berkontribusi dalam menciptakan pemerintahan yang transparan, akuntabel, dan efisien. |
2 | Pegawai BUMN/BUMD | Sebagai pegawai di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), lulusan Ilmu Administrasi Negara memiliki keahlian dalam manajemen organisasi, perumusan kebijakan, serta strategi pengelolaan sumber daya. Mereka bertanggung jawab dalam meningkatkan kinerja perusahaan milik negara/daerah dengan tetap memperhatikan regulasi serta kepentingan publik. Dengan wawasan yang kuat dalam kebijakan ekonomi dan administrasi publik, mereka mampu mendukung keberlanjutan serta daya saing BUMN/BUMD di tingkat nasional maupun global. |
3 | Konsultan/Peneliti di NOG Nasional atau Internasional | Sebagai konsultan atau peneliti di organisasi non-pemerintah (NGO) baik nasional maupun internasional, lulusan Ilmu Administrasi Negara memiliki peran strategis dalam riset kebijakan, advokasi publik, serta pengembangan program sosial. Mereka berkontribusi dalam menganalisis isu-isu publik, memberikan rekomendasi kebijakan berbasis data, serta membantu dalam implementasi program yang berorientasi pada pembangunan berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat. Dengan keahlian dalam penelitian sosial dan analisis kebijakan. |
Hello everyone, my name is Fahmi Yusuf, and I’m proud to be an alumnus of the Faculty of Administrative Sciences at Universitas Indonesia. I started my journey in the Public Administration program in 2011 and graduated in 2016. Today, I serve as the Head of the Household Subdivision at the Directorate General of Intellectual Property, Ministry of Law. I want to express my deepest gratitude to FIA UI for the invaluable knowledge and experiences that have shaped my career. The education, guidance, and support I received during my studies played a crucial role in helping me reach where I am today. To all students and future graduates, make the most of your time here—keep learning, keep growing, and always strive for excellence. Thank you!

Fahmi Yusuf
As an alumna of the Public Administration and Public Policy program at the Faculty of Administrative Science, University of Indonesia, I am proud to have received high-quality education at one of the best institutions in Indonesia. The opportunity to learn from exceptional professors and practitioners, as well as engage in discussions with fellow students from various regions, has been a valuable experience that has shaped my critical and analytical thinking. I have gained many lessons from the campus, particularly in public policy analysis, governance, and public administration strategies, which are highly relevant to my duties and responsibilities as a Civil Servant at the Ministry of State Secretariat. The knowledge I acquired has become the foundation for supporting policy formulation for the Minister and President, ensuring that every decision is made based on comprehensive analysis and data-driven insights. UI and the Faculty of Administrative Science have provided me with outstanding academic and practical preparation, shaping me into a professional ready to contribute to the nation. I am proud to be part of the UI community and hope to continue applying the knowledge and experiences gained for the progress of Indonesia.

Metia Pratiwi
Universitas Indonesia has been my first love since elementary school and studying at the Faculty of Administrative Science especially Public Administration has been an incredible journey. The course is not only engaging but also allow us to apply real policy issues in Indonesia using relevant theories. Learning from highly competent professors in their respective fields has empowered my understanding of governance and public policy. This program has truly prepared me to analyze and has contributed to solve administrative challenges in the real world, making my university experience even more exciting and fulfilling

Handini Kusuma Ningrum
Data Mahasiswa Sarjana Ilmu Administrasi Negara 2020-2024
No | Tahun Akademik | Jumlah Pendaftar | Diterima | Daya Tampung | Rasio Penerimaan | Total Pendaftar yang Diterima | |
Laki-laki | Perempuan | ||||||
1 | 2024 | 5.157 | 60 | 128 | 199 | 1:28.65 | 198 |
2 | 2023 | 1476 | 53 | 124 | 180 | 1:8.2 | 177 |
3 | 2022 | 2011 | 61 | 122 | 180 | 1:11.17 | 183 |
4 | 2021 | 1782 | 36 | 58 | 98 | 1:18.18 | 94 |
5 | 2020 | 2806 | 34 | 62 | 98 | 1:28.63 | 96 |
Total | 13.232 | 244 | 494 | 755 | 1:18.96 | 748 |
Tenaga Pengajar Ahli

- e_prasojo@yahoo.com
- Kebijakan Publik, Governansi, Reformasi Administrasi

- amy_soeroso@yahoo.com
- Governansi Kolaboratif, Pelayanan Umum Dinamis

- teguh.kurniawan@ui.ac.id
- Administrasi Lingkungan, Pemerintahan Daerah
Tenaga Pengajar

- marcelangwyn@ui.ac.id
- Manajemen SDM Sektor Publik, Pendekatan dan Instrumen Pengambilan Keputusan dalam Administrasi Publik

- adnanalkadly@gmail.com
- Kebijakan Publik, Pembangunan Regional

- jpieter.tanesab@ui.ac.id
- Kesetaraan Sosial, Inovasi Kebijakan Publik, Perilaku Administrasi Publik, Kepemimpinan, Pengembangan Sumber Daya Manusia

- dhian@ui.ac.id
- Tata Kelola Pemerintahan Kolaboratif; Kebijakan Iptek dan Inovasi Sektor Publik