Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) menggelar Pengenalan Sistem Akademik Fakultas (PSAF) untuk program CIL-BETTER (Center for Independent Learning dan Program Pembelajaran Terintegrasi FIA UI) dan Program Pre-University FIA UI pada Sabtu, 17 September 2022.

Penyambutan kepada para peserta program CIL BETTER dan Pre-U diwakili langsung oleh Dekan FIA UI, Prof. Dr. Chandra Wijaya. M.Si, M.M. dengan menyampaikan bahwa FIA UI menyambut baik keikutsertaan seluruh peserta dalam dua program unggul FIA UI ini.

“Pada kesempatan yang baik ini, saya mewakili sivitas akademik menyambut Bapak/Ibu dan Saudara sekalian menjadi keluarga besar FIA UI. Saya berharap Bapak/Ibu sekalian serius mengikuti program pembelajaran terintegrasi ini,” sambut Prof. Chandra.

Prof. Chandra menyebut bahwa jika para peserta Program CIL BETTER mengikuti program ini dengan baik, maka ilmu tersebut akan bermanfaat bagi pemerintah setempat dan masyarakat yang dilayani.

“Bagi teman-teman peserta Program Pre-University, jika Anda serius mengikuti program ini, maka Anda akan memperoleh nilai yang baik. Jika nilainya baik, maka akan mendapatkan kesempatan untuk dipertimbangkan masuk FIA UI melalui jalur SIMAK UI,” jelas Prof. Chandra.

Dalam kegiatan PSAF tersebut, Dr. Fibria Indriati Dwi Liestiawati, S.Sos., M.Si. sebagai Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) bersama Dr. Achmad Lutfi, M.Si selaku Manajer Pendidikan dan kemahasiswaan FIA menjelaskan kurikulum untuk program CIL BETTER dan Pre-University FIA UI.

Bukan hanya mengenai kurikulum perkuliahan, teknis perkuliahan kemudian dijelaskan oleh Marcel Angwyn selaku koordinator PPAA dan International Office FIA UI. Adapun acara PSAF ini juga dimotori dan dikelola oleh unit Kemahasiswaan FIA UI, dengan Wahyu Mahendra, M.Egov selaku koordinator.

F. Astha Ekadiyanto, S.T., M.Sc. sebagai Kepala Center of Independent Learning (CIL) Universitas Indonesia turut menerangkan mengenai Program Pre-U secara detail.

“Apa itu Pre-University? Pre-University merupakan kegiatan akademik dimana siswa-siswa SMA/SMK dapat mengikuti kegiatan perkuliahan di kampus secara online melalui CIL-UI dan mengumpulkan mikro-kredensialnya. Keberhasilan mikro kredensial dapat menjadi pertimbangan dalam seleksi masuk sebagai mahasiswa UI sesuai skema credit-earning yang ditetapkan oleh prodi,” kata Astha menjelaskan.

Sebagai informasi, kegiatan ini dihadiri oleh para peserta Program CIL BETTER dan Pre-University melalui platform zoom meeting.

Leave a Comment