DEPOK. Fakultas Ilmu Adminitrasi Universitas Indonesia (FIA UI) melakukan penjajakan kerjasama dengan Program Pasca Sarjana Ilmu Administrasi Seoul National University (SNU). Kerjasama ini ke depannya diharapkan dalam bidang riset dan penelitian.

Pertemuan ini dihadiri langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) Prof. Dr. Eko Prasojo. Sementara itu dari SNU diwakili 4 orang yaitu Direktur The Asia Development Institute (ADI), Profesor Jongwon Choi, Deputi Direktur ADI, Profesor, Professor Huck-ju Kwon , Peneliti Tamu ADI, Mr. In Kim, dan Peneliti ADI, Ms. YeEun Ha.

Menurut Koordinator Kerjasama Internasional FIA UI, Dr. Vishnu Juwono ke depannya diharapkan ada pertukaran mahasiswa ataupun dosen diantara dua universitas ini. Selain itu, juga dijajaki kolaborasi riset terutama isu administrasi publik bagi mahasiswa maupun dosen yang tertarik mempelajari administrasi publik di Korea Selatan maupun Indonesia. “SNU ranking 36 pada QS World Rank, selama ini SNU memiliki reputasi terbaik khususnya dalam administrasi publik, sehingga diharapkan akan menguntungkan FIA UI,” kata Vishnu pada Selasa (7/8).

Memang Korea Selatan dikenal dengan sistem e-government-nya yang sudah maju. Wajar saja, FIA UI aktif untuk kolaborasi dengan dengan universitas di negeri ginseng ini. Tahun ini, FIA UI sudah melakukan penandatangan memorandum of agreement (MOA) dengan Departemen Adminsitrasi Publik, Sungkyunkwan University (SKKU). Kerjasama ini dalam bentuk e-learning dan pertukaran pelajar. “Tahun ini diharapkan eksekusinya,” doktor jebolan Inggris ini. Pertengahan bulan ini FIA UI berencana mengadakan kuliah umum dari Prof. Hyung Jun Park dari SKKU.

Seperti diketahui, fakultas yang dipimpin mantan Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia ini semangat meningkatkan kolaborasi dengan universitas terbaik di luar negeri. (MI)