Dosen di FIA UI mendapatkan sosialisasi untuk melakukan penyimpanan data BKD yang dapat dilakukan secara mandiri dan riil time melalui sistem informasi SISTER. Hal ini disampaikan oleh Agus Anang, S.Kom. selaku pembicara. “Semua dosen kini dapat mengisi BKD melalui SISTER secara mandiri.”

Fakultas Ilmu Administrasi menyelenggarakan webinar Sosialisasi Pengisian BKD pada SISTER UI (28/1). Adapun kegiatan ini dilakukan dalam rangka penilaian Beban Kerja Dosen (BKD) periode gasal 2021/2022. Kegiatan sosialisasi ini dilakukan mengingat adanya perbaharuan mengenai ketentuan perhitungan BKD sebagaimana tertuang dalam Permendikbud Nomor 3/2020 dan Kepdirjendikti Nomor 12e/kpt/2021 dengan mengacu pada PO BKD Tahun 2021.

Penilaian BKD memiliki lima unsur yang diperhatikan dan menjadi acuan yang harus ditaati oleh Dosen. “Terdapat lima unsur BKD, yang pertama Pendidikan, pelaksanaan Pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan yang terakhir adalah penunjang”, ujar Agus Anang.

Selain itu yang perlu diperhatikan pula bahwa pemutakhiran data tidak harus dilakuakn setiap habismasa semester tapi dapat dilakukan setiap saat. Ditambahkan juga oleh pembicara kedua yaitu Yusuf Setiadi S.Kom., M.T.I, yang mengingatkan dosen untuk memastikan data yang dimasukan adalah data yang valid dan tersimpan dengan baik di system.

“Dosen jangan lupa memastikan bahwa data yang diinput di masing-masing rubrik telah tersimpan dengan baik di system”, ujar Yusuf.

Diketahui, kegiatan ini digelar untuk internal FIA UI oleh Unit Sumber Daya Manusia, melalui platform daring Zoom dan dihadiri oleh Dosen di Lingkungan FIA UI.

Leave a Comment