Setengah Lulusan FIA UI Semester Gasal Bepredikat Cumlaude Memperoleh Kesempatan Lanjut Studi dengan Potongan 50% Uang Pangkal Kuliah

Wakil Dekan bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan Dr. Fibria Indriati, M.Si. mengawali acara Yudisium Lulusan FIA UI Semester Gasal 2021/2022 (28/1) dengan menyampaikan laporan data kelulusan, bahwa pada semester gasal tahun akademik 2021-2022, FIA UI meluluskan 115 wisudawan program sarjana, 35 wisudawan program magister, serta 3 wisudawan program doktor. Hasil ini tidak jauh berbeda dengan pencapaian lulusan di Semester Genap yang lalu, menorehkan lebih dari 50% lulusan predikat cum laude.

“Adapun dari lulusan tersebut, 76 wisudawan lulus dengan predikat cum laude, 74 wisudawan berpredikat sangat memuaskan, serta 3 orang dengan predikat memuaskan, sehingga jumlah total lulusan sebanyak 153 orang” ujar Indri.

Setelahnya, Dr. Ning Rahayu, M. Si., selaku ketua Senat Akademik Fakultas menyambut seluruh wisudawan seraya berpesan bahwa tantangan bagi lulusan FIA UI terkait dunia kerja di masa pandemi COVID-19 dan pentingnya prinsip kreativitas dan kolaboratif untuk dapat menjadi dasar bagi lulusan agar dapat menciptakan lapangan kerja sendiri.

“Bagi para lulusan FIA UI yang sangat menantang saat ini pada masa Pandemi adalah di dunia kerja, sehingga perlu memegang prinsip kreativitas dan kolaboratif. Jaga jaringan yang telah dibangun, sebaiknya jangan sibuk mencari pekerjaan tapi inovatif untuk dapat menciptakan lapangan kerja sendiri, sehingga tidak bergantung pada lapangan kerja yang ada” pesan Ning.

Berikutnya, Ketua DGBF, Prof. Dr. Amy Sri rahayu, M.Si., juga menyampaikan apresiasi untuk seluruh lulusan dan seluruh lulusan diharapkan dapay mempertahankan prinsip dan etika sebagai lulusan FIA UI yang membanggakan ketika telah terjun ke masyarakat.

Dalam sambutan berikutnya, Dekan FIA UI Prof. Dr. Chandra Wijaya, M.Si., M.M., turut menyampaikan apresiasi dan selamat kepada 153 orang lulusan. Selain itu dekan FIA UI juga menyampaikan beberapa empat harapan penting kepada para lulusan.

“Harapan saya lulusan dapat memberikan karya terbaiknya kepada keluarga, bangsa dan Negara sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing. Selain itu, para lulusan diharapkan tidak hanya menjadi job seeker namun juga bisa menjadi seorang job creator yang bermanfaat bagi orang lain. Ketiga, setelah menyandang status sebagai Alumni FIA UI, para lulusan dapat memberikan giving back kepada almamater berupa review dan masukan kepada FIA UI dalam pelaksanaan tracer study dan penilaian oleh pimpinan kerja alumni. Dan yang terakhir yaitu para lulusan dapat terus meningkatkan kompetensi dan daya saing dengan terus belajar. Karena kegiatan belajar adalah kegiatan sepanjang hayat untuk dapat meningkatkan daya saing yang ada”, ujar Dekan FIA UI.

Dalam kesempatan ini juga disampaikan kebijakan terkait privilege bagi alumni yang lulus dengan predikat cumlaude maupun lulusan berprestasi. Khusus bagi lulusan S1 dapat melanjutkan studi ke jenjang S2 di FIA UI tanpa harus mengikuti ujian baik TOEFL maupun TPA namun tetap harus mendaftar pada SIMAK UI. Selain itu juga terdapat potongan sebesar 50% dari uang pangkal yang ada.

Terakhir, Ketua Ikatan Alumni (Iluni) FIA UI Dra. Sita Dewanto secara simbolis menyambut anggota ILUNI FIA UI, serta menyampaikan ucapan selamat kapada para lulusan dan memberikan pesan untuk dapat berkontribusi aktif di ILUNI FIA UI dan mengharumkan nama Almamater. Diketahui kegiatan ini diselenggarakan secara online, dan diakhiri dengan foto bersama disetiap program studi.

 

Leave a Comment