Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI), Prof. Dr Eko Prasojo mengatakan bahwa ada empat faktor yang dapat menentukan suatu negara tersebut makmur atau tidak.

Pertama ialah sumber daya alam, Eko mengatakan bahwa Indonesia memiliki potensi yang besar. Namun, potensi itu tidak bisa dimanfaatkan dengan baik.

“Jadi, tidak bisa tercatat dengan baik, yang nantinya akan membantu penerimaan negara,” ujarnya dalam acara Public Governance Workshop: Penguatan Anggaran Berbasis Kinerja untuk Meningkatkan Kelola dan Akuntabilitas Pemerintah Daerah, di Graha Cimb Niaga, Jakarta, Kamis (12/9)

Kedua, sumber daya manusia (SDM). di mana tengah gencar ditingkatan guna mendorong makmurnya Indonesia.

Ketiga, kekuatan sistem. Misal, sebut Eko, seperti struktur birokrasi, rantai hubungan antara satu elemen dengen elemen lain, teknologi informasi, dan sebagainnya.

Keempat, jelas Eko ialah nilai budaya. Misal, soal nilai disiplin yang harus ditanamkan oleh setiap masyarakat Indonesia.

“Jadi, keempat faktor tersebut, memang bisa berdiri sendiri atau bersamaan yang gunanya memberikan konstribusi untuk negara,” jelasnya.

Sumber: Gatra.com