Center for Leadership, Development, and Innovation Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (CLDI FIA UI) memberikan pelatihan bagi SDM Polri. Pelatihan yang berlangsung dari 30 September hingga 4 Oktober 2019 ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang analisis kebijakan publik.

Pelatihan yang diikuti oleh 20 perwira Polri ini meliputi konsep dan studi kebijakan publik yang dipaparkan oleh Dekan FIA UI Prof. Dr. Eko Prasojo, Mag.rer.publ. Selanjutnya, Dr. Roy Valiant Salomo, M.Soc.Sc. memberikan pemahaman mengenai analisis kebijakan publik, baik secara teori maupun praktik.

Untuk membantu para peserta melakukan penelitian di bidang kebijakan dengan baik dan benar, Zuliansyah Putra Zulkarnain, M.Si. memberikan materi mengenai metodologi riset kebijakan. Selanjutnya, Dr. Lina Miftahul Jannah, M.Si. menambahkan materi mengenai penyusunan kebijakan guna meningkatkan keahlian para peserta dalam pembuatan kebijakan publik.

Tidak hanya secara teori, peserta juga memperoleh kesempatan untuk memperdalam keahliannya dalam pembuatan nota kebijakan (policy memo) sebagai sarana komunikasi kebijakan internal maupun eksternal organisasi. Dengan adanya nota kebijakan yang ringkas dan komunikatif, maka diharapkan para pemangku kepentingan dapat memahami rekomendasi atas suatu isu kebijakan yang dibuat oleh Polri. Pelatihan ini disampaikan oleh Dr. Lina Miftahul Jannah, M.Si.

Diketahui, pada 2018, CLDI FIA UI juga memberikan pelatihan bagi SDM Polri di bidang analisis kebijakan. Diharapkan kerja sama ini dapat berkesinambungan sehingga FIA UI dapat berkontribusi dalam menciptakan SDM Polri yang unggul dalam membuat dan menganalisis kebijakan publik.