Program Doktoral Ilmu Administrasi mengaplikasikan kajian dan disertasi mahasiswa sesuai dengan peminatan administrasi publik, administrasi bisnis, dan administrasi perpajakan. Program Doktor Ilmu Administrasi bertujuan mencetak lulusan yang cakap dalam pengembangan ilmu administrasi dan mampu berpikir holistik, dinamis dan cerdas dalam tatanan strategis, kelembagaan dan operasional baik makro maupun mikro.

Visi
menjadi pusat pengembangan pendidikan program doktor yang unggul dalam studi ilmu administrasi dan kebijakan serta tata kelola stratejik berbasis tri darma perguruan tinggi di Asia Tenggara

Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan doktor yang berdaya saing dan bermartabat dalam bidang ilmu administrasi dan kebijakan serta tata kelola stratejik;
2. Melakukan penelitian dalam bidang ilmu administrasi dan kebijakan serta tata kelola stratejik untuk pengembangan ilmu administrasi dan kemajuan bangsa;
3. Melakukan pengabdian kepada masyarakat untuk kemaslahatan bangsa; dan
4. Menghasilkan lulusan doktor yang mempunyai kompetensi ilmu administrasi dengan pendekatan inter dan multi-disiplin serta kemampuan bersaing di dunia Internasional yang dilandasi akhlak mulia.

Persyaratan
Penerimaan calon mahasiswa Program Doktor didasarkan pada:
– Nilai TPA Universitas Indonesia (nilai minimum 550).
– Nilai TOEFL (skor minimum 500) atau IELTS (skor minimum 6.0) atau lulus ujian Bahasa Inggris yang diadakan oleh Universitas Indonesia.
– IPK yang diperoleh di jenjang pendidikan sebelumnya minimum 3.00 (dalam rentang 4.00).
– Hasil penilaian wawancara terkait dengan rencana riset yang akan dilakukan.
– Ketersediaan calon promotor yang memiliki kepakaran yang diminati calon mahasiswa.
– Calon mahasiswa diwajibkan menyerahkan draft proposal disertasi ringkas dan dua buah surat rekomendasi dari dua pemberi rekomendasi yang bergelar minimal Doktor.
– Surat rekomendasi dan proposal dikumpulkan ke Sekretariat Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia melalui email: pascaadm@ui.ac.id cc: humasfia@ui.ac.id bersamaan dengan periode pendaftaran SIMAK UI.
– Apabila dinyatakan lulus, para mahasiswa yang memiliki latar belakang S2 di luar bidang Ilmu Administrasi atau berasal dari perguruan tinggi di luar negeri diwajibkan mengikuti matrikulasi berdasarkan review Program Studi
– Calon mahasiswa asing wajib memiliki kemampuan berbahasa Indonesia yang memenuhi standar Universitas Indonesia.

Informasi Lain
– Calon mahasiswa diwajibkan menyerahkan surat rekomendasi dari dua pemberi rekomendasi yang bergelar minimal Doktor dan proposal disertasi ringkas (Unduh Disini).
– Contoh proposal dapat dilihat di Sekretariat Program Pascasarjana Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (Unduh Disini).
– Surat rekomendasi dan proposal dikumpulkan ke Sekretariat Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia bersamaan dengan periode pendaftaran SIMAK UI.
– Mahasiswa yang berasal dari S2 di luar bidang Ilmu Administrasi atau berasal dari perguruan tinggi di luar negeri diwajibkan mengikuti matrikulasi berdasarkan review Program Studi
– Calon mahasiswa asing memiliki kemampuan berbahasa Indonesia yang memenuhi standar Universitas Indonesia.

  • Jadwal: Kamis-Jumat, 13.00-18.00
  • Tempat: Kampus UI Cikini
  • Uang Pangkal: Rp 29.000.000,-
  • BOP: Rp 30.000.000,-

– Gelar: Dr. (Doktor)
– Total Kredit: 48 SKS
– Masa Studi: 6-10 Semester

Capaian Pembelajaran
– Mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni baru di dalam bidang ilmu administrasi (publik, bisnis, dan fiskal) melalui metodologi riset, hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji.
– Memberikan kontribusi stratejik dalam memecahkan permasalahan bidang administrasi (publik, bisnis, dan fisal) melalui pendekatan inter, multi, dan transdisiplin.
– Mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset di bidang ilmu administrasi yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional.

Ujian Seleksi
– Tes Potensi Akademik (TPA) dan Bahasa Inggris
– Wawancara proposal disertasi yang dilaksanakan setelah lulus ujian TPA dan Bahasa Inggris

* Wawancara proposal disertasi dilaksanakan setelah lulus ujian TPA dan Bahasa Inggris.

Semester 1:

  • Filsafat Ilmu Pengetahuan (3 SKS)
  • Pengembangan Teori Organisasi (3 SKS)
  • Teori dan Praktik Reformasi Administrasi (3 SKS)

Semester 2:

  • Metodologi Penelitian (4 SKS)
  • Seminar Studi Kebijakan dan Governasi Publik* (3 SKS)
  • Seminar Strategi dan Governasi Bisnis* (3 SKS)
  • Seminar Studi Kebijakan dan Administrasi Perpajakan* (3 SKS)

*) Ket: Sesuai dengan bidang peminatan studi yang dipilih: Publik, Niaga, atau Pajak.

Semester 3:

  • Ujian Proposal Riset (6 SKS)

Semester 4:

  • Ujian Hasil Riset (6 SKS)

Semester 5:

  • Presentasi dalam Konferensi Nasional (2 SKS)
  • Penulisan Artikel Jurnal Internasional Terindeks (4 SKS)

Semester 6:

  • Sidang Promosi (8 SKS)

Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi kami melalui email: pascaadm@ui.ac.id atau melalui whatsapp ke Bpk. Suyanto 0818-715-834