Unit Riset dan Pengabdian Masyarakat (RIMA) beserta Klaster Riset Collaborative Governance & Dynamic Public Service  (CGDPS) mengadakan kegiatan “Cluster Day”.  Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan ruang bagi Mahasiswa dan Sivitas Akademika FIA UI untuk terlibat dalam berbagai kegiatan tri dharma perguruan tinggi. Hal ini diungkapkan oleh prof. Dr. Amy Yayuk Sri Rahayu, M.Si selaku Ketua Klaster CGDPS FIA UI. 

 

Tri dharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat merupakan dasar dari apa yang kita lakukan selama ini di kampus kita tercinta, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI). Sehingga CGDPS muncul untuk menghadapi masalah-masalah Pelayanan publik, tata kelola kolaborasi, dan aspek – aspek lain terkait sektor publik,” kata Prof. Dr.Amy. 

 

Sebagai Ketua Klaster CGDPS, Prof. Kamu menyebut bahwa CGDPS menyambut baik kerjasama di bidang-bidang terkait dengan berbagai stakeholder terkait. Klaster CGDPS telah bekerjasama dengan berbagai mitra dalam dan luar negeri, diantaranya dengan Kementerian PAN-RB, Pemerintah Kabupaten Pacitan, Pemerintah Kota Depok, Sekretariat Kabinet, Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan Jakarta I, dan masih banyak lagi. 

 

“Pelayanan publik di era disrupsi saat ini dihadapkan dengan berbagai tantangan struktural dan kultural yang tidak dapat dihindari dan bersifat multiaspek.  Dalam menghadapi tantangan tersebut, pemerintah harus memiliki paradigma dan semangat kolaborasi baik dalam lingkup pemerintahan secara vertikal maupun horizontal. adanya perubahan paradigma tersebut.” ujar Prof. Dr. Amy.

 

Kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari 60 mahasiswa program sarjana dan pascasarjana FIA UI yang tertarik dengan isu Inovasi Publik dan Tata Kelola Kolaboratif, Tata Kelola Digital, serta isu Sustainability, Disaster Management, & Resilience. 

 

Keterlibatan Mahasiswa dan Sivitas Akademika FIA dalam kegiatan ini juga membantu Mahasiswa untuk menemukan topik karya tulis ilmiah maupun tugas akhir yang bisa dikolaborasikan dengan dosen terkait dan juga didanai dengan pendanaan klaster maupun skema lainnya.

 

Sebagai informasi, acara ini berlangsung pada Kamis, 16 Maret 2023 di Ruang M103 FIA UI.