Departemen Ilmu Administrasi Niaga bersama Himpunan Mahasiswa Departemen Ilmu Administrasi Niaga (Himania) kembali mengadakan Student Colloquium sebagai rangkaian acara Business Week pada Selasa dan Rabu (9-10/11).

Student Colloquium merupakan sarana pertukaran pengetahuan dan diskusi ilmiah terkait topik penelitian skripsi dengan berbagai isu mutakhir bidang Ilmu Administrasi Niaga yang diikuti oleh Mahasiswa S1 dan S2.

Acara ini bertujuan untuk memberikan gambaran penulisan topik skripsi yang dapat menambah pengetahuan tentang skripsi secara lebih mendalam.

Acara ini dibagi menjadi beberapa sesi dan tema. Masing-masing tema dan sesi diikuti oleh 3-4 presenter yang mempresentasikan papernya, moderator, dosen pembimbing dan reviewer. Selain itu, acara ini juga ditonton oleh mahasiswa dari berbagai angkatan. Berikut ialah hasil rekap saran dari reviewer untuk presenter.

Beberapa poin ulasan menarik disampaikan oleh beberapa reviewer, diantaranya disampaikan oleh Dr. Anita Maharani pada tema Sumber Daya Manusia sesi satu. “Jangan terlalu banyak menggunakan metode penelitian, serta dalam bagian tinjauan pustaka, peneliti harus mengawali konsep utama sebelum masuk ke tiap variable, kemudian setiap dimensi dari variable yang disampaikan perlu disebutkan terlebih dahulu,” ujarnya.

Selanjutnya, Prof. Dr. Naili Farida, MSi., selaku reviewer pada sesi Pemasaran 2 menyampaikan bahwa referensi penelitian sebisa mungkin diambil pada rujukan dengan kurun waktu 5 tahun ke belakang agar teori yang digunakan cocok dengan kondisi terkini.

Pada tema Keuangan sesi 2, reviewer Dr. Dudi Rudianto, S.E., M.Si. dan Dr Ir Dewi Tamara MM., MS, menekankan pentingnya penulisan referensi secara konsisten serta perlu adanya konfirmasi terkait sampel tahun yang digunakan.

Diketahui, kegiatan ini digawangi oleh tiga Guru Besar Ilmu Administrasi Niaga yang masing-masing mewakili klaster riset yang ada di FIA UI, yaitu Prof. Dr. Chandra Wijaya, M.Si., M.M., selaku ketua Klaster Riset CGC, Prof. Dr. Ferdinand Saragih, MA. selaku ketua Klaster Riset Riset Institusi Keuangan, dan Prof. Dr. Martani selaku ketua Klaster Riset CIGO.

 

Leave a Comment