Ratusan Mahasiswa FIA UI Aplikasikan Penelitian Sampai ke Tegal

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]DEPOK. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) melaksanakan kegiatan penelitian yang disertai dengan pengabdian masyarakat. Program ini diberi nama Aplikasi Metode Penelitian (AMP), yang diadakan pada 24 Juli-2 Agustus 2018 di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Menurut Ketua Pelaksana AMP 2018, Neni Susilawati, M.A. Tegal dipilih sebagai lokasi penelitian karena masih minimnya riset di daerah tsb. Nantinya 310 mahasiswa yang ikut kegiatan ini akan tinggal di rumah-rumah warga yang ada di 9 desa. “Diharapkan mahasiswa ini dapat merasakan langsung dan terlibat dalam masyarakat. Sehingga hasil penelitian dan pengabdian masyarakat ini akan lebih terasa dampaknya oleh warga,” kata Neni pada Selasa (24/7).

Tahun ini AMP mempunyai 9 topik penelitian yang berasal dari 3 program studi FIA UI. Menurut pengajar Ilmu Administrasi Negara, Dr. Lina Miftahul Jannah, M.Si. yang menjadi dosen pembimbing dalam AMP ini fokus utama penelitian meliputi tata kelola dan kebijakan. “Sebelumnya, mahasiswa telah kami berikan bekal berupa pelatihan penulisan dan membuat rancangan penelitian pada semester genap. Nantinya di lapangan mahasiswa akan melakukan wawancara dengan narasumber serta mengolah data lapangan. Hasilnya akan mereka paparkan kepada aparatur pemerintah. Beberapa dari hasil penelitian ini juga dilanjutkan untuk Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Artikel Ilmiah (PKM AI),” Lina.

Mahasiswa yang mengikuti penelitian ini pun menyambut baik program yang sudah berlangsung lama di FIA UI ini. Salah satunya mahasiswa Ilmu Aministrasi Niaga 2016, Jonathan. Ia telah mempersiapkan diri dengan matang untuk mengikuti AMP dengan mengikuti persiapan rangkaian kegiatan dari semester lalu. Jonathan mengharapkan hasil penelitian dan paparannya dapat memberikan inovasi bagi masyarakat.

Sekitar 343 orang peserta yang mengikuti kegiatan ini dilepas Wakil Dekan Bidang Pendidikaan, Penelitian, dan Kemahasiswaan FIA UI, Prof. Dr. Haula Rosdiana, M.Si bersama tim akademik FIA UI pada pukul 06.00 WIB. Beliau mengharapkan kegiatan ini memberikan dampak positif untuk mahasiswa dan masyarakat. (EM)[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]