Selasa (25/7) FIA UI mengikuti kegiatan Sosialisasi UI Greenmetric yang diselenggarakan di Rapat Utama Gedung M Lantai 2 FIA UI. Sebagai upaya mewujudkan kehidupan kampus yang ramah lingkungan, berkelanjutan, dan dapat diakses oleh semua kalangan, Universitas Indonesia merancang sebuah sistem penilaian kelayakan kampus berdasarkan prinsip-prinsip keberkelanjutan (sustainability), ekonomis (economics), dan kesetaraan (equity). Prinsip-prinsip tersebut dituangkan dalam suatu instrumen pengukuran yang dinamakan UI Greenmetric dan diresmikan pada tahun 2010.

UI Greenmetric sendiri telah menjadi standar pengukuran peringkat universitas-universitas di dunia di mana 516 di seluruh dunia telah terdaftar dan berpartisipasi dalam pengukuran UI Greenmetric pada tahun 2016. Sebagai salah satu fakultas di Universitas Indonesia, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) juga harus mampu meningkatkan taraf kelayakan kehidupan kampusnya sesuai dengan prinsip-prinsip yang digunakan UI Greenmetric. Oleh karena itu, sosialisasi mengenai UI Greenmetric sangat penting agar perencanaan pembangunan, kegiatan belajar-mengajar, dan alokasi anggaran yang dilakukan oleh FIA UI tepat sasaran dan semakin meningkatkan ketersediaan fasilitas dan kesadaran dalam mendukung kehidupan kampus yang berkelanjutan.

Acara kegiatan sosialisasi ini dibuka oleh Dr. Retno Kusumastuti, M.Si. selaku Wakil Dekan Bidang Sumber Daya Manusia, Ventura, dan Administrasi Umum. Pada sesi pertama sosialisasi dijelaskan oleh Prof. Dr. Riri Fitri Sari, M.Sc., MM., selaku Kepala Tim UI Greenmetric mengenai sejarah pelaksanaan UI Greenmetric dan prinsip-prinsip yang menjadi dasar dalam pengukuruan UI Greenmetric.

Sesi selanjutnya dijelaskan oleh saudara Haryo dari UPT K3L UI mengenai prinsip Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Lingkungan (K3L) di dalam pengukuran UI Greenmetric. Mengakhiri kegiatan sosialisasi ini, pada sesi ketiga dijelaskan mengenai petunjuk pengisian kuesioner online UI Greenmetric tingkat fakultas untuk FIA UI oleh tim UI Greenmetric.