Dalam rangka menginspirasi mahasiswa FIA UI untuk melanjutkan studi pada ranah internasional, Kantor Kerjasama Internasional Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia menggelar Global Lounge FIA UI “Sharing Session #2: Mendunia dengan Beasiswa” pada Jumat (07/05/21).

Acara yang digelar secara rutin selama satu bulan sekali ini mengangkat topik tentang Pengalaman Sivitas FIA UI dalam Proses Mendapatkan Beasiswa dan Berkuliah di Luar Negeri.

Adapun acara ini mengundang tiga pembicara, yaitu Dosen FIA UI serta Awardee LPDP Scholarship– University of Birmingham UK, Krisna Puji Rahmayanti, S.I.A., M.P.A., Dosen Muda FIA UI sekaligus Peneliti di UI-CSGAR dan Awardee ADB Scholarship – National Graduate Institute for Policy Studies Jepang Julyan Ferdiansyah, S.I.A, serta Alumni Administrasi Niaga 2015 dan Awardee VUFP fellowship, Holland Scholarship, dan Orange Tulip Scholarship – Vrije Universiteit Amsterdam Deila Oktari, S.I.A.

Adapun kegiatan yang dipandu oleh Imas Cempaka Mulia, S.I.A selaku Dosen Muda FIA UI dan Awardee KOICA Scholarship – Sungkyunkwan University South Korea dihadiri oleh kurang lebih 80 peserta dari berbagai latar belakang pendidikan, afiliasi, dan profesi. Pembicara menghadirkan berbagai kisah inspiratifnya masing-masing dalam memperoleh beasiswa.

“Kemampuan Bahasa menjadi prasyarat utama belajar di luar negeri. Identifikasi syarat bahasa dan persiapkan melampaui batas minimal,” ujar Krisna Puji Rahmayanti.

Selain itu, menurut Julyan Ferdiansyah kejelasan visi dan prestasi akademis yang baik turut menjadi kunci dasar dalam memperoleh beasiswa. “Keyakinan, banyak berdiskusi dan menjalin hubungan baik dengan dosen, serta banyak mencoba adalah faktor keberhasilan dalam proses pencarian beasiswa,” ujar Deila Oktari menambahkan.

Leave a Comment