Depok (3/11) – Adanya desentralisasi perpajakan dengan membagi pendapatan pajak nasional dengan daerah berdasarkan rationalitas ekonomi dengan argumentasi efisiensi dan kesetaraan dapat mempercepat pembangunan di daerah.

Hal tersebut disampaikan dosen senior tamu dari National College of Public Administration, University of Phillipines, Dr. Jose Tiu Sonco II di Gedung G lantai 3, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI), Kamis (2/11/2017).

Menurutnya, pendekatan desentralisasi perpajakan mampu menciptakan stabilitas makroekonomi, distribusi dan alokasi pajak yang merata di setiap daerah.

“Dengan desentralisasi perpajakan tersebut, perbedaan pendapatan antar daerah dan negara mampu menumbuhkan rasa tanggungjawab dari kedua belah pihak. Tidak hanya itu, pemerintah pusat juga mampu untuk melakukan uji coba pengaruh terhadap perancangan program negara,” jelas Dr Jose.

Diketahui, pada kuliah umum yang dimoderasi oleh Dr Vishnu Juwono ini dihadiri oleh Guru Besar FIA UI Prof. Dr. Martani Huseini, Manajer Riset dan Publikasi FIA UI Dr Inayati dan sekitar 150 mahasiswa S1 administrasi fiskal. (DS)