Kolaborasi antara pemerintah dengan perguruan tinggi merupakan sebuah keniscayaan untuk dapat memahami dan mengatasi beragam dinamika tantangan dalam tata kelola pemerintahan yang semakin kompleks.

Dengan semangat tersebut, Pimpinan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) melakukan pertemuan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beserta jajaran pimpinan terkait untuk membahas potensi kolaborasi dalam menunjang upaya peningkatan kapasitas ASN dan institusi Pemerintah DKI Jakarta pada Senin (15/4/19). Pertemuan tersebut merupakan rangkaian lanjutan dari pertemuan sebelumnya yang dilaksanakan di Kantor BPSDM Pemprov DKI Jakarta.

Dalam sambutannya, Anies Baswedan menyampaikan bahwa ASN yang bekerja di Pemprov DKI Jakarta membutuhkan stimulasi untuk meningkatkan kualitas kompetensi dan mindset individu.

Exposure best practices diperlukan sebagai stimulasi guna memperoleh gagasan untuk berkembang. Inisiatif yang dikelola oleh kampus (FIA UI) diharapkan dapat menjadi sesi untuk memfasilitasi penyelesaian berbagai problem aktual yang tengah dihadapi oleh Pemprov DKI dengan mengombinasikan teori dan kemampuan praktis,” ujar Anies.

Menanggapi pernyataan positif Gubernur, Eko Prasojo selaku Dekan FIA UI menyatakan siap berkolaborasi dan berkoordinasi lebih lanjut dengan Pemprov DKI, khususnya bersama Kepala BPSDM dan Kepala BKD, untuk memfasilitasi program peningkatan kompetensi ASN DKI dalam menunjang pencapaian berbagai program strategis gubernur.


FIA UI menawarkan program jangka pendek ‘Executive Development Program’ (EDP) dengan topik yang fleksibel berdasarkan kebutuhan serta program jangka Panjang ‘Double Master Degree’ di bidang Public Administration (bersama University of Canberra) dan bidang E-Gov (bersama Victoria University of Wellington).

Sebelum pertemuan berakhir, Plt. BPSDM Pemprov DKI menyampaikan harapannya, “Untuk tahun ini, BPSDM berharap agar FIA UI dapat terlibat dalam existing program BPSDM yang sedang berjalan”.

Turut hadir dalam pertemuan ini Kepala BKD beserta jajarannya, Plt Kepala BPSDM beserta jajarannya dan Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP), Ketua Program Pascasarjana FIA UI Irfan Ridwan Maksum, Sekretaris Pimpinan FIA UI Zuliansyah P. Zulkarnain, serta Penelaah Kerjasama Internasional FIA UI Reza Fathurrahman.