FIA UI dan Kabupaten Agam Jalin Kerja Sama Tingkatkan Kompetensi SDM

Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) beserta Kabupaten Agam menandatangani perjanjian kerja sama tentang Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia Melalui Tridharma Perguruan Tinggi dalam Bidang Ilmu Administrasi, bertempat di Kampus FIA UI Depok, Kamis (16/12).

Kerjasama ini memiliki tujuan untuk pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, dan pengabdian kepada masyarakat.

Dekan FIA UI Prof. Dr. Chandra Wijaya, M.Si., MM. menyatakan bahwasanya FIA UI telah menjalin kerja sama dengan berbagai Pemerintah Daerah, bukan hanya terkait akademik, namun juga non akademik. “Salah satunya adalah pelatihan-pelatihan atau bimbingan teknis bagi para Kepala Desa dengan tujuan agar dapat satu visi. Meskipun Kepala Desa dipilih oleh rakyat dan otonom tetapi Desa tidak terlepas dari bagian Pemerintah Kabupaten/Kota,” jelasnya.

Dirinya juga menambahkan bahwa Wali Nagari (Kepala Desa) sebagai peserta dapat mengambil mata kuliah melalui Center for Independent Learning (CIL), berupa pengumpulan kredit setiap mata kuliah yang diambil. “Perlu peningkatan potensi Wali Nagari agar kompetensi meningkat, networking meningkat, itu semua demi mencapai sumber daya unggul,” papar Chandra.

Dalam sambutannya, Bupati Agam Dr. Drs. Andri Warman, S.Sos., S.E., M.M. menjelaskan bahwa maksud kedatangannya beserta rombongan adalah demi terciptanya kerja sama, terkhusus untuk para Wali Nagari. “Wali Nagari ini bukan terpilih berdasarkan kemampuan akademis, melainkan tokoh di masyarakat berasal dari berbagai macam latar belakang. Berdasarkan hal tersebut, kami putuskan untuk tanda tangan MoU dengan UI. Prinsip kami lakukanlah sesuatu, entah berhasil atau gagal. Setelah ini action-nya akan ditindaklanjuti,” ujarnya.

Dirinya juga menyampaikan sangat bersemangat untuk mengumpulkan para Wali Nagari untuk berkuliah di Universitas Indonesia. “Kami akan coba kumpulkan dan seleksi para Wali Nagari yang pantas untuk kuliah di Universitas Indonesia. Tujuan kami adalah untuk meningkatkan sumber daya manusia di Kabupaten Agam,” tukasnya.

Diketahui, acara ini dihadiri oleh Bupati Agam, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam, perwakilan para Wali Nagari di Kabupaten Agam, Dekan Fakultas Ilmu Administrasi, Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pendidikan dan Kemahasiswaan beserta jajarannya, Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum beserta jajarannya, dan Sekretaris Umum.

Adapun pendidikan dan pengajaran yang dimaksud dalam perjanjian ini meliputi kesempatan bagi ASN di Kabupaten Agam untuk melanjutkan program Sarjana, Magister dan Doktor di Bidang Ilmu Administrasi, mengikuti program credit earning, dan keikutsertaan pada program Executive Development Program (EDP).

Salah satu lingkup kerja sama dalam hal Pengabdian Kepada Masyarakat: Pelaksanaan kajian kebijakan, konsultasi, dan pendampingan pada satuan kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Agam.

Leave a Comment