Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM (BPSDM Kemenkumham) menjalin kerja sama dalam penilaian dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia melalui tridharma perguruan tinggi dalam bidang ilmu administrasi.

Jalinan kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara FIA UI dengan BPSDM Kemenkumham, Senin (14/06/21) di Guesthouse BPSDM Hukum dan HAM, Gandul, Depok.

Dalam kesempatan tersebut, Dekan FIA UI Prof. Dr. Chandra Wijaya menjelaskan bahwa ruang lingkup kerjasama yang disepakati sejalan dengan tugas dan fungsi FIA UI berkaitan dengan 3 bidang, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, dan pengabdian kepada masyarakat.

“Melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi, kita berharap bisa saling bersinergi dan berkolaborasi bersama sehingga dapat mengembangkan kompetensi SDM pada Kemenkumham. Hal ini juga sejalan dengan program yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo, yaitu SDM Unggul, Indonesia Maju,” jelas Prof. Chandra.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPSDM Kemenkumham Dr. Asep Kurnia., S.H., M.M. juga menekankan bahwa dengan perjanjian kerjasama antara BPSDM Kementerian Hukum dan Ham dan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia dapat memberikan dampak bagi peningkatan kompetensi di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI.

“Semoga apa yg kita kerjakan dan kerjasamakan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak dan lebih besar lagi kepada kemajuan bangsa dan negara,” ujarnya.

Diketahui, lingkup kerjasama pendidikan dan pengajaran meliputi pemberian kesempatan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kemenkumham untuk dapat melanjutkan Pendidikan pada program Sarjana, Magister dan Doktor di Bidang Ilmu Administrasi, mengikuti Credit Earning Program (CEP) dan Center for Independent Learning (CIL), serta keikutsertaan pada program Executive Development Program (EDP).
Selain itu, salah satu lingkup kerja sama dalam hal penelitian dan pengembangan adalah pemberian konsultasi, pendampingan dan kajian dalam rangka implementasi Kemenkumham Corporate University serta penguatan kapasitas kelembagaan pada Balai Diklat, Poltekip dan Poltekim. Pada lingkup pengabdian masyarakat, salah satunya berupa kesempatan magang mahasiswa FIA UI dan visitasi peserta pelatihan/taruna/taruni Poltekip dan Poltekim ke FIA Universitas Indonesia.

Leave a Comment