FIA UI beserta Kabupaten Minahasa dan Kabupaten Minahasa Utara Jalin Kerja Sama Tingkatkan Kompetensi SDM

Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) beserta Kabupaten Minahasa dan Kabupaten Minahasa Utara menandatangani perjanjian kerja sama tentang Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia Melalui Tridharma Perguruan Tinggi dalam Bidang Ilmu Administrasi, di Gedung Mochtar Riadi Kampus Cikini, Sabtu (11/12).

Kerjasama ini memiliki tujuan untuk pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, dan pengabdian kepada masyarakat.

Dekan FIA UI Prof. Dr. Chandra Wijaya, M.Si., MM. menyatakan bahwasanya FIA UI memiliki program inovasi dan kewirausahaan yang cocok sesuai dengan kebutuhan yang disampaikan Wakil Gubernur Sulawesi Utara pada pertemuan yang lalu. “Dalam kaitannya untuk meningkatkan kesejahteraan dan mengentas kemiskinan adalah dengan inovasi, maka pemerintah kabupaten harus agile. Kami di FIA punya program inovasi dan kewirausahaan yang pas,” ujarnya.

Dirinya juga menambahkan bahwa beralih tugasnya ASN struktural ke fungsional membuat lebih banyak dari mereka memilih sebagai Analis Kebijakan. “Kami punya program studi yaitu Analis Kebijakan Publik. Ini yang bisa dimanfaatkan oleh Pak Bupati Minahasa dan Pak Bupati Minahasa Utara. Di tahun depan kami akan membuka satu program studi baru yaitu Administrasi Perpajakan Daerah, Administrasi Pengawasan, Administrasi Keuangan Daerah, dan Administrasi Aset Daerah,” terang Chandra.

Dalam sambutannya, Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si menjelaskan bahwa Kabupaten Minahasa merupakan kabupaten induk dan terbesar yang terdiri dari kurang lebih 352 ribu penduduk. “Kami yakin apa yang sudah kami inisiasi ini betul-betul dapat memberi dampak positif dalam pelaksanaan pemerintahan, pengembangan, serta sosial kemasyarakatan di Kabupaten Minahasa. Apa yang telah dijelaskan oleh Prof. Chandra jika dilaksanakan akan berdampak,” ujarnya.

Dalam sambutan berikutnya, Bupati Minahasa Utara Joune J. E. Ganda, S.E. mengungkapkan suka cita atas terjalinnya kerja sama ini. “Terkesan bahwa wilayah Indonesia Timur ini masih perlu diupgrade. Kerja sama ini kami harapkan mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia di jajaran pemerintah Kabupaten Minahasa Utara sampai dengan desa-desa juga,” tukasnya.

Diketahui, acara ini turut dihadiri oleh Bupati Minahasa beserta jajarannya, Bupati Minahasa Utara serta jajarannya, Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara Fraksi PDIP, Dekan Fakultas Ilmu Administrasi, Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pendidikan dan Kemahasiswaan beserta jajarannya, Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum beserta jajarannya.

Leave a Comment