Pusat Kajian Governansi, Kebijakan Publik dan Bisnis

Pusat Kajian Governansi, Kebijakan Publik dan Bisnis (Center for Governance, Public Policy and Business Studies) atau disebut Puska merupakan sebuah lembaga dilingkungan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI). Lembaga ini melakukan kegiatan penelitian di bidang governansi, kebijakan publik dan bisnis baik pada tingkat mikro (individu dan rumah tangga), tingkat meso (organisasi publik, organisasi privat, komunitas, interaksi antar entitas masyarakat) dan tingkat makro (negara, internasional, meta governansi). Sebagai Unit Kerja Khusus Penelitian dan Inovasi, Puska berkontribusi pada ranah akademik dan praktis. Pada ranah akademik, hasil penelitian dan kajian Puska diarahkan untuk mendukung pengembangan keilmuan administrasi publik, niaga dan fiskal melalui pengajaran berbasis penelitian (research-based teaching). Pada ranah praktis, penelitian-penelitian yang dilaksanakan oleh Puska memberikan masukan kebijakan dan strategi berdasarkan kajian yang bersifat ilmiah. Selain itu, Puska mendukung klaster riset dengan melibatkan para staf pengajar dan mahasiswa di lingkungan Fakultas Ilmu Administrasi. Puska menyediakan forum pelatihan penelitian praktis bagi para mahasiswa dengan menempatkan mahasiswa sebagai Tenaga Pendukung Riset (research assistant) dalam setiap tim peneliti.

Dalam rangka pencapaian tugas dan fungsinya, Puska membangun kemitraan dan kerjasama timbal balik dengan para pemangku kepentingan yang mencakup badan-badan perencanaan di tingkat lokal, regional, dan nasional serta lembaga-lembaga sektoral maupun dengan berbagai organisasi kemasyarakatan (civil society organization). Upaya-upaya serupa juga dilakukan dengan perusahaan-perusahaan swasta serta organisasi-organisasi pembangunan multilateral dan internasional. Puska melibatkan akademisi dan/atau peneliti dari disiplin-disiplin lainnya dalam ilmu-ilmu sosial serta mengikutsertakan para praktisi yang terkait. Sejalan dengan visi dan misi Fakultas Ilmu Administrasi, Puska mendukung penelitian dengan pendekatan multidisiplin, interdisiplin dan transdisiplin.

Luaran kegiatan Puska meliputi luaran berwujud (tangible output) dan luaran tidak berwujud (intangible output). Luaran berwujud meliputi publikasi ilmiah dalam bentuk artikel jurnal nasional (terindeks/tidak terindeks), jurnal internasional (terindeks/tidak terindeks), prosiding konferensi (nasional dan internasional), buku (teks maupun ajar), rekomendasi kebijakan, model kebijakan dan strategi. Luaran tidak berwujud meliputi penguatan kapasitas klaster riset (research cluster) dan kontribusi terhadap pengembangan keilmuan yang berorientasi pada governansi, kebijakan publik dan bisnis.

Kegiatan-kegiatan Puska meliputi:
- Pengembangan kelompok kajian (research cluster),
- Penelitian dengan orientasi pengembangan keilmuan (scientific research),
- Penelitian dengan orientasi penyelesaian permasalahan praktis (applied research)
- Penelitian dengan orientasi penyusunan rekomendasi kebijakan bagi para pengambil keputusan (evidence-based policy research)
- Pengolahan, pengembangan dan penyimpanan data,
- Perpustakaan.

Visi Puska
Menjadi Center Of Excellence dalam penelitian dan pengembangan ilmu dibidang governansi, kebijakan publik dan bisnis yang terkemuka di Asia.

Misi Puska
- Menghasilkan kajian-kajian bermutu dalam bidang governansi yang dapat dipergunakan oleh berbagai pihak untuk memajukan penyelenggaraan pemerintahan menuju good governance.
- Menghasilkan kajian-kajian bermutu dalam bidang kebijakan publik yang dapat mendorong terciptanya kebijakan publik yang baik dan bertanggungjawab.
-  Menghasilkan kajian-kajian bermutu dalam bidang bisnis yang dapat mendorong terwujudnya societal governance.
-  Menjadi wadah pengembangan keilmuan di bidang governansi, kebijakan publik dan bisnis di lingkungan Fakultas Ilmu Administrasi.
- Menjadi pilar pertukaran pengetahuan dan ide di bidang governansi, kebijakan publik dan bisnis antar akademisi dan para pemangku kepentingan terkait di Indoneia dan Asia.
- Membentuk jejaring berbasiskan pengembangan keilmuan (academic network) dengan berbagai lembaga dan atau organisasi yang kompeten baik secara nasional, regional maupun internasional.

Tenaga Ahli Puska
Merupakan staf pengajar tetap dan tidak tetap dilingkungan Fakultas Ilmu Administrasi yang kompeten dalam bidangnya masing-masing. Kompeteni para staf pengajar baik sebagai tenaga peneliti maupun tenaga ahli disesuaikan dengan klaster riset dan publikasi yang dihasilkan. Pelaksanaan kegiatan Pusat Kajian Ilmu Administrasi didukung pula oleh jaringan kerjasama dengan instansi-instansi pemerintah maupun swasta.

Klaster Riset

Puska mendukung klaster riset yang telah dan akan dikembangkan di lingkungan Fakultas Ilmu Administrasi. Kegiatan penelitian yang dilakukan Puska merupakan kegiatan yang bersifat terpadu dan berkontribusi pada peta jalan penelitian klaster riset di departemen Ilmu Administrasi Publik, Ilmu Administrasi Niaga dan Ilmu Administrasi Fiskal. Beberapa klaster tersebut adalah:

  • Klaster Local & Regional Governance Studies (Governansi Pemerintahan Daerah, Administrasi Lingkungan, Pembangunan Regional, Keuangan Daerah, Manajemen Perkotaan)
  • Klaster Public Policy & Administrative Reform (Reformasi Administrasi Publik, Keuangan Negara, Pelayanan Publik, Public-Private Partnership, Kebijakan Publik, Pengembangan Organisasi, Hubungan Industrial, Pengembangan SDM, Kepegawaian Negara)
  • Klaster Private Sector Governance Studies (Governansi Organisasi Privat dan Negara-Masyarakat-Pasar, Manajemen Pengetahuan, Inovasi, Kewirausahaan, Lembaga Keuangan Mikro, Strategi Pemasaran, Lembaga Keuangan Internasional, Pasar dan Lembaga Keuangan)
  • Klaster Politik Perpajakan, Kesejahteraan dan Ketahanan Nasional (Kebijakan Fiskal, Pajak Internasional, Kepabeanan, Akuntansi Pajak)

Peta Jalan Riset dan Puska
Peta jalan riset dan kelembagaan Pusat Kajian Governansi, Kebijakan Publik dan Bisnis dapat dilihat pada gambar berikut :

puska

Tahapan pertama adalah untuk periode kepengurusan 2017 – 2020, dimana pada tahap ini program kegiatan yang dibuat akan menunjang misi berikut :

  • Menghasilkan kajian-kajian bermutu dalam bidang governansi yang dapat dipergunakan oleh berbagai pihak untuk memajukan penyelenggaraan pemerintahan menuju good governance di tingkat nasional.
  • Menghasilkan kajian-kajian bermutu dalam bidang kebijakan publik yang dapat mendorong terciptanya kebijakan publik yang baik dan bertanggungjawab di tingkat nasional.
  • Menghasilkan kajian-kajian bermutu dalam bidang bisnis yang dapat mendorong terwujudnya societal governance di tingkat nasional.
  • Menjadi wadah pengembangan keilmuan di bidang governansi, kebijakan publik dan bisnis di lingkungan Fakultas Ilmu Administrasi dan Nasional.
  • Menjadi pilar pertukaran pengetahuan dan ide di bidang governansi, kebijakan publik dan bisnis antar akademisi dan para pemangku kepentingan terkait di tingkat nasional.
  • Membentuk jejaring berbasiskan pengembangan keilmuan (academic network) dengan berbagai lembaga dan atau organisasi yang kompeten secara nasional.

Tahapan kedua adalah untuk periode 2021 – 2024 dengan kegiatan-kegiatan yang dirancang untuk menunjang misi berikut :

  • Menghasilkan kajian-kajian bermutu dalam bidang governansi yang dapat dipergunakan oleh berbagai pihak untuk memajukan penyelenggaraan pemerintahan menuju good governance di tingkat Asia Tenggara.
  • Menghasilkan kajian-kajian bermutu dalam bidang kebijakan publik yang dapat mendorong terciptanya kebijakan publik yang baik dan bertanggungjawab di tingkat Asia Tenggara.
  • Menghasilkan kajian-kajian bermutu dalam bidang bisnis yang dapat mendorong terwujudnya societal governance di tingkat Asia Tenggara.
  • Menjadi wadah pengembangan keilmuan di bidang governansi, kebijakan publik dan bisnis di tingkat Asia Tenggara.
  • Menjadi pilar pertukaran pengetahuan dan ide di bidang governansi, kebijakan publik dan bisnis antar akademisi dan para pemangku kepentingan terkait di tingkat Asia Tenggara.
  • Membentuk jejaring berbasiskan pengembangan keilmuan (academic network) dengan berbagai lembaga dan atau organisasi yang kompeten di tingkat Asia Tenggara.

Pada tahap terakhir, yakni periode 2025 – 2028, tujuan yang akan dicapai adalah :

  • Menghasilkan kajian-kajian bermutu dalam bidang governansi yang dapat dipergunakan oleh berbagai pihak untuk memajukan penyelenggaraan pemerintahan menuju good governance di tingkat Asia.
  • Menghasilkan kajian-kajian bermutu dalam bidang kebijakan publik yang dapat mendorong terciptanya kebijakan publik yang baik dan bertanggungjawab di tingkat Asia.
  • Menghasilkan kajian-kajian bermutu dalam bidang bisnis yang dapat mendorong terwujudnya societal governance di tingkat Asia.
  • Menjadi wadah pengembangan keilmuan di bidang governansi, kebijakan publik dan bisnis di lingkup Asia.
  • Menjadi pilar pertukaran pengetahuan dan ide di bidang governansi, kebijakan publik dan bisnis antar akademisi dan para pemangku kepentingan terkait di tingkat Asia.
  • Membentuk jejaring berbasiskan pengembangan keilmuan (academic network) dengan berbagai lembaga dan atau organisasi yang kompeten di lingkup Asia.

Pelaksana

Ketua : Novita Ikasari M.Comm., Ph.D
Wakil Ketua : Nidaan Khafian, M.A
Manajer Kantor : Neneng Rosmayanti, S.Sos

Kantor
Gedung Prof. Dr. Prajudi Atmosudirdjo (Gedung M), Lantai 1, Ruang M. 105, FISIP UI Kampus UI Depok 16424 – Indonesia
Telp.:+62 21 7271313, 78849087/ Fax.:+62 21 78849050
email: puska.adm@ui.ac.id