Prof. Dr. Martani Huseini

Prof. Dr. Martani Huseini

martani0703@yahoo.com

Prof. Martani adalah seorang pakar di bidang administrasi khususnya International Marketing, Organization Innovation dan Strategic Management. Beliau juga seorang pengusaha dan konsultan. Dilahirkan di Kediri, pada 7 Maret 1951, beliau menyelesaikan pendidikan S1 di FISIP UI pada tahun 1974, dan berhasil mendapatkan gelar Master of Business Administration dari L’Institut d’Administration d’Enterprise, University of d’Aix-Marseille III di tahun 1980 dan dari Faculty of Applied Economics University of d’Aix Marseille III di tahun 1981. Gelar doktor diperolehnya dari University Paris de Sorbonne IV (CELSA) dalam Program Marketing Internasiona pada tahun 1983.

Jurnal

  • Multinationals and Emerging Market, Paper presented in the World Marketing Congress, Kuala Lumpur, June 1997.

Buku

  • International Marketing Transfer Strategy Among Multinationals in Indonesia, doctorate disertation, Universite Paris Sorbonne IV, 1983.
  • Teori Organisasi : Perspektif Makro 1990
  • Manajemen Stratejik dari konsep hingga Operasionalisasi, 2006
  • Merekonstruksi Indonesia dengan pendekatan Dynamic Governance, Penerbit Kompas Gramedia, 2014

Aktivitas

Selain menjadi Guru Besar Tetap di FISIP Universitas Indonesia serta mengajar di jenjang sarjana dan pascasarjana, Prof. Dr. Mantani Huseini yang juga pernah menjadi Dekan FISIP Universitas Indonesia ini, tidak diragukan lagi kemampuannya dalam pengembangan bisnis. Selain menjadi pengusaha dan konsultan bagi banyak perusahaan besar, beliau juga belakangan hari menaruh minat yang tak kalah besar pada pengembangan sumberdaya dan pemasaran dalam sektor publik. Sebut saja, misalnya, gagasan Saka-Sakti (Satu Kabupaten/ Kota, Satu Kompetensi Inti) sebagai model alternatif dalam rangka pemberdayaan daerah di era otonomi daerah berdasarkan local core competence yang agregatnya bisa menjadi pendukung daya saing nasional. Seiring dengan kesadaran dan orientasi bangsa yang semakin tinggi pada pemberdayaan sektor kelautan, beliau dilibatkan oleh Departemen Kelautan dan Perikanan RI dalam pengembangan pemasaran dan bisnis di sektor ini. Karya-karya ilmiah beliau telah banyak diterbitkan, antara lain Teori Organisasi, Marketing (1986), International Business (1988), Organization Theory in Macro-Perspective (1990), International Marketing (1994), Value Marketing, Pengantar Manajemen Strategik Kontemporer (2006) yang ditulis bersama Jemsly Hutabarat, dan Pengantar Teori Organisasi: Suatu Pendekatan Makro (2009) yang ditulis bersama SB Hari Lubis.

Dalam asosiasi profesi, Martani Huseini adalah anggota dari Strategic Management Society dan Learning Organization Indonesian Society. Jabatan terakhir beliau di birokrasi pemerintahan adalah sebagai Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan, Departemen Kelautan dan Perikanan RI.

X