(Indonesia) Studi E-Government

Sebagai upaya mewujudkan visi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) untuk menjadi fakultas yang unggul dalam bidang keilmuan administrasi dan kebijakan serta tatakelola stratejik di kawasan Asia, maka FIA UI menjalin kerjasama dengan sejumlah universitas ternama di luar negeri untuk menawarkan program pendidikan unggulan dalam bentuk double degree program.

Double degree program merupakan program pendidikan tingkat magister hasil kolaborasi antara FIA UI dengan kampus mitra di luar negeri yang memungkinkan mahasiswa memperoleh dua gelar akademik yang diberikan oleh kedua kampus dalam masa studi dua tahun.

Double Degree Program in E-Government
– Program Double Degree bidang E-Government merupakan program pendidikan tingkat magister (dengan skema double degree) yang berkolaborasi dengan Victoria University of Wellington. Program ini berdurasi selama dua tahun dibidang Ilmu Administrasi dan Kebijakan Publik. Peserta didik dapat memperoleh gelar Magister dari dua universitas, yaitu:
– Universitas Indonesia (bergelar M.A atau Magister Ilmu Administrasi)
– Victoria University of Wellington (bergelar MEGov atau e-government)

Selain memperoleh dua gelar akademik dalam masa studi yang relatif singkat, keuntungan yang akan diperoleh dari peserta didik dalam program ini, antara lain adalah:
– Mempelajari cara terbaik untuk menyampaikan Pelayanan Publik dengan memanfaatkan dengan optimal Teknologi dan Informasi
– Mempelajari desain dan mengimplementasikan keilmuan transformational e-government mencapai outcomes yang lebih luas atas kepuasan pelayanan publik
– Membangun jejaring komunikasi global dengan berbagai pakar dan akademisi ternama di Victoria University of Wellington

Persyaratan E-Government Double Degree Program
a. Kriteria input tahun pertama (semester satu) ditentukan oleh Universitas Indonesia sebagai berikut:

  1. Lulusan Program Sarjana atau Diploma IV dari Perguruan Tinggi/Sekolah Tinggi dalam negeri yang terakreditasi oleh BAN-PT atau Perguruan Tinggi Luar Negeri yang diakui oleh Dikti.
  2. Mengikuti Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) untuk Program Magister meliputi Tes Potensi Akademik (TPA) dan Bahasa Inggris (standar TOEFL). Materi dirancang khusus oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UI.
  3. Memperoleh TPA minimum 450 dan Bahasa Inggris minimum 500 dari SIMAK UI, dengan nilai gabungan minimum 950. Persyaratan ini bertujuan untuk mempermudah mahasiswa memperoleh Letter of Acceptance (LoA) dari Victoria University of Wellington sehingga apabila ada mahasiswa yang masih memperoleh Conditional LoA berupa nilai Bahasa Inggris yang perlu ditingkatkan, maka mahasiswa tersebut dapat mempersiapkan pada semester pertama di UI.

b. Kriteria input tahun kedua (semester dua) ditentukan oleh Victoria University of Wellington yaitu:

  1. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada akhir semester pertama di Universitas Indonesia minimal 3.00.
  2. Lulus semua mata kuliah yang ditetapkan Universitas Indonesia di akhir semester pertama.
  3. IELTS minimal overall score 6,5 dengan tidak ada skor di bawah 6,0 dan writing minimal 6,5, atau IBT TOEFL minimal 90 dengan skor writing minimal 24.
  4. Mengikuti Proses Administrasi bagi Mahasiswa Baru Victoria University of Wellington.