Drs. Achmad Lutfi, M.Si

Drs. Achmad Lutfi, M.Si

achlutfi@yahoo.com

Achmad Lutfi, lahir pada 4 Maret 1976 di ibukota Jakarta. Peraih gelar doktor Ilmu Administrasi Negara Universitas Gajah Mada tahun 2017 ini merupakan dosen Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia. Ia merupakan lulusan program S1 Ilmu Administrasi Negara Universitas Indonesia pada tahun 1998 dan S-2 Kebijakan dan Administrasi Publik Universitas Indonesia pada tahun 2004.

Sebagai seorang pengajar, Achmad Lutfi juga aktif dalam dunia penulisan. Ia pernah menulis karya ilmiah berjudul “Pemanfaatan Kebijakan Desentralisasi Fiskal Berdasarkan UU No. 34/2000 oleh Pemerintah Daerah untuk Menarik Pajak Daerah dan Retribusi Daerah” pada tahun 2005 yang dimuat dalam Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Volume V, Nomor 2, Maret – Agustus 2005, Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya. Kemudian ”Evolusi Penarikan Pajak Daerah: Suatu tinjauan peraturan perundang-undangan mengenai pajak daerah di Indonesia” pada tahun 2006 yang dimuat dalam Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi : Bisnis & Birokrasi, Volume XIV, Nomor 4, Desember 2006, Departemen Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia. Ia juga merupakan penulis dari Penyempurnaan Administrasi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Suatu Upaya dalam Optimalisasi Penerimaan PAD pada tahun 2006.

Pada beberapa kesempatan Lutfi didaulat sebagai pembicara untuk memberikan ceramah ataupun sebagai pembawa acara. Ia pernah memberikan ceramah dalam seminar Local Taxation Polici in Republic of Indonesia as A Form of Fiscal Decentralization in Revenue Side 1974 – 2009 pada tahun 2010, seminar nasional dengan tema” Pendaerahan PBB dan BPHTB dalam Kerangka Perluasan Desentralisasi Fiskal di Indonesia (Studi Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan serta BPHTB di Kota X Propinsi Z) pada tahun yang sama serta Third International Conference on Public Organization (ICONPO) berjudul Local Earmarking Tax in Indonesia: Prospect and Potential Problems pada tahun 2013. Ia juga pernah membawakan acara dalam the 2nd AAPA International Conference “Enhancing Public Trust in Changing Asian Societies pada tahun 2011.

X