Doktoral: Ilmu Administrasi

Program Doktoral Ilmu Administrasi mengaplikasikan kajian dan disertasi mahasiswa sesuai dengan peminatan administrasi publik, administrasi bisnis, dan administrasi perpajakan. Program Doktor Ilmu Administrasi bertujuan mencetak lulusan yang cakap dalam pengembangan ilmu administrasi dan mampu berpikir holistik, dinamis dan cerdas dalam tatanan strategis, kelembagaan dan operasional baik makro maupun mikro.

Tujuan
- Menghasilkan Doktor Ilmu Administrasi yang mampu meneliti dan mengembangkan ilmu administrasi sebagai pendekatan interdisiplin.
- Menghasilkan tenaga-tenaga peneliti tingkat doktoral yang mampu menganalisis dan memecahkan secara generative (teratur dan inovatif) masalah-masalah dalam bidang ilmu administrasi (publik, bisnis, dan fiskal) yang dinamsi dan kompleks.
- Mampu menginterpretasikan kebijakan makro pemerintah dan kebijakan mikro organisasi dalam suatu tatanan sistem berpikir (system thinking) yang terpadu.

Persyaratan
Penerimaan calon mahasiswa Program Doktor didasarkan pada:
- Nilai TPA Universitas Indonesia (nilai minimum 550).
- Nilai TOEFL (skor minimum 500) atau IELTS (skor minimum 6.0) atau lulus ujian Bahasa Inggris yang diadakan oleh Universitas Indonesia.
- IPK yang diperoleh di jenjang pendidikan sebelumnya minimum 3.00 (dalam rentang 4.00).
- Hasil penilaian wawancara terkait dengan rencana riset yang akan dilakukan.
- Ketersediaan calon promotr yang memiliki kepakaran yang diminati calon mahasiswa.

Kurikulum
- Gelar: Dr.
- Beban Studi: 52 SKS
- Masa Studi: 6-10 Semester

Capaian Pembelajaran
- Mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni baru di dalam bidang ilmu administrasi (publik, bisnis, dan fiskal) melalui metodologi riset, hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji.
- Memberikan kontribusi stratejik dalam memecahkan permasalahan bidang administrasi (publik, bisnis, dan fisal) melalui pendekatan inter, multi, dan transdisiplin.
- Mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset di bidang ilmu administrasi yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional.

Ujian Seleksi
- Tes Potensi Akademik (TPA) dan Bahasa Inggris
- Wawancara proposal disertasi yang dilaksanakan setelah lulus ujian TPA dan Bahasa Inggris

* Wawancara proposal disertasi dilaksanakan setelah lulus ujian TPA dan Bahasa Inggris.

Informasi Lain
- Calon mahasiswa diwajibkan menyerahkan surat rekomendasi dari dua pemberi rekomendasi yang bergelar minimal Doktor dan proposal disertasi ringkas.
- Format rekomendasi dan contoh proposal dapat dilihat di Sekretariat Program Pascasarjana Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia.
- Surat rekomendasi dan proposal dikumpulkan ke Sekretariat Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia bersamaan dengan periode pendaftaran SIMAK UI.
- Mahasiswa yang berasal dari S2 di luar bidang Ilmu Administrasi atau berasal dari perguruan tinggi di luar negeri diwajibkan mengikuti matrikulasi berdasarkan review Program Studi
- Calon mahasiswa asing memiliki kemampuan berbahasa Indonesia yang memenuhi standar Universitas Indonesia.