Dr. Ning Rahayu

Dr. Ning Rahayu ,M.Si

ning.rahayu@gmail.com

Ning Rahayu lahir di Jakarta pada 12 Mei 1961. Ning menyelesaikan studinya pada Program Sarjana (S1) Reguler – Program Studi Ilmu Administrasi Fiskal, Departemen Ilmu Administrasi FISIP Universitas Indonesia (FISIP UI) tahun l986. Kemudian ia melanjutkan studinya pada Program Pascasarjana (S2) dalam bidang Ilmu Administrasi dan Kebijakan Perpajakan, Departemen Ilmu Administrasi FISIP UI dan mendapatkan gelar Magister Sains (MSi) tahun 1998. Terakhir ia juga telah menyelesaikan Program Doktor (S3) Ilmu Adiministrasi FISIP UI dengan konsentrasi Disertasi tentang Perpajakan Internasional dan meraih gelar Doktor pada tahun 2008.

Ning Rahayu saat ini tercatat sebagai dosen pengajar di Program Studi Ilmu Administrasi Fiskal (Pajak), Universitas Indonesia. Ia telah mendapatkan Satya Lencana Karyasatya 10 tahun dan 20 tahun dari Presiden Republik Indonesia. Ning Rahayu juga telah mendapatkan Sertifikasi Dosen Profesional dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Aktivitas

Ning Rahayu juga merupakan praktisi perpajakan dengan pengalaman kerja 30 tahun dengan berbagai macam penugasan, antara lain tax audit, tax objection, tax litigation, tax review service dan tax advisory service. Ia tercatat sebagai Kuasa Hukum terdaftar pada Pengadilan Pajak untuk menangani kasus-kasus sengketa pajak, baik domestik maupun internasional. Ning Rahayu juga tercatat menjadi konsultan pajak di salah satu perusahaan BUMN terkemuka bidang industri semen di Indonesia.

Untuk mempertahankan keahliannya di bidang perpajakan Ning Rahayu juga aktif menulis masalah-masalah perpajakan pada jurnal-jurnal ilmiah maupun terapan, baik di dalam maupun luar negeri. Salah satu Buku yang pernah ia tulis adalah “Corporate Tax Management”. Pengalaman penting lainnya adalah Ning Rahayu tercatat sebagai pembuat soal dan korektor Ujian Sertifikasi Brevet Konsultan Pajak Nasional, Konsorsium Departemen Keuangan Republik Indonesia (periode l998 s/d 2004 untuk mata ujian PPh Badan (Brevet B) dan Perpajakan Internasional (Brevet C).

X